KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PRAKARYA ORIGAMI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII


Siska Ni’mah Andani , 4101411035 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PRAKARYA ORIGAMI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411035-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah siswa secara umum masih belum optimal. Siswa masih belum terlatih menentukan cara menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Discovery Learning berbantuan prakarya origami terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Pangkah tahun ajaran 2014/2015. Dengan teknik cluster random sampling terpilih sampel yaitu kelas VIII B menerima pembelajaran model Discovery Learning berbantuan prakarya origami (kelas eksperimen 1), kelas VIII D menerima model Discovery Learning (kelas eksperimen 2), dan kelas VIII C menerima pembelajaran model ekspositori (kelas kontrol). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, metode tes, dan metode observasi. Kelas sampel diberi postest dengan instrumen yang sama. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji proporsi, uji anava, uji lanjut schefee, dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen 1 dan kelas eksprimen 2 mencapai ketuntasan belajar lebih dari 74,5% dari jumlah siswa di kelas, kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen 1 lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen 2 dan kelas kontrol, dan ada pengaruh positif dari aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen 1 terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning berbantuan prakarya origami efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok. Peneliti menyarankan, dalam pelaksanaan model Discovery Learning berbantuan prakarya origami guru harus melakukan kontrol dan dorongan lebih agar siswa tidak gaduh dan lebih aktif saat berdiskusi, serta guru juga dituntut lebih bisa memberikan pertanyaan-pertanyaan pancingan yang mengarah pada penyelesaian masalah karena siswa belum terbiasa melakukan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning; Prakarya Origami; Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 01:30
Last Modified: 12 Nov 2015 01:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21412

Actions (login required)

View Item View Item