EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) BERBANTUAN MEDIA KOKAMIUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI KOMPETENSI DASAR PERAN BANK UMUM DAN BANK SENTRAL(Studi Kasus pada Siswa Kelas X SMA Islam Kandangan Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2014/2015)


Reni Pulungsari, 7101411295 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) BERBANTUAN MEDIA KOKAMIUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI KOMPETENSI DASAR PERAN BANK UMUM DAN BANK SENTRAL(Studi Kasus pada Siswa Kelas X SMA Islam Kandangan Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2014/2015). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411295-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dan aktivitas belajar merupakan faktor penting dalam proses belajar mengajar, karena hasil belajar dan aktivitas pembelajaran menjadi tolok ukur keberhasilan proses belajar mengajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar kompetensi dasar peran bank umum dan bank sentraldi kelas X SMA Islam Kandangan Kabupaten Temanggung tahun pelajaran 2013/2014 yang disebabkan oleh penggunaan model dan media pembelajaran yang kurang berfariasi. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran TGT berbantuan media Kokami dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi kompetensi dasar peran bank umum dan bank sentral, 2) untuk mengetahui apakah penerapan model TGT berbantuan media Kokami lebih efektif dibandingkan model konvensional dalam meningkatkan hasil belajar, 3) untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran TGT berbantuan media Kokami dapat menuntaskan hasil belajar dari pada model konvensional.Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimentaldengan pola control grouppre-test-post-test. Pengumpulan data dilakukan dengan metode test dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji beda paired sample t-test, independent sample t-testdan one sample t-test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada peningkatan hasil belajar setelah perlakuan dengan model pembelajaran TGT berbantuan media Kokami dilihat dari nilai pre-testdan post-testpada kelas eksperimen, dilihat dari rata-rata pre-testyaitu 41,25 dan post-testmenjadi 86,29, 2) ada perbedaan yang signifikan pada peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga dilihat dari nilai post-testkelas eksperimen 86,29 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 72,30, 3) ada peningkatan ketuntasan siswa dengan rata-rata nilai post-testkelas eksperimen sebesar 86,29 lebih besar dari 75.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT berbantuan media Kokami dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar peran bank umum dan bank sentral. Model pembelajaran TGT berbantuan media Kokami lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar dari pada model konvensional. Model pembelajaran TGT berbantuan media Kokami dapat menuntaskan hasil belajar dari pada model Konvensional. Guru disarankan untuk menggunakan model pembelajaran TGT serta mengembangkan media pembelajaran Kokami.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran TGT (Team Game Tournamen), Kokami
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 01:24
Last Modified: 12 Nov 2015 01:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21411

Actions (login required)

View Item View Item