PENGELOLAAN ARSIP INAKTIF DALAM UPAYA MENDUKUNG LAYANAN INFORMASI DI KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PURWOREJO


Nita Rahmawati, 7101411291 (2015) PENGELOLAAN ARSIP INAKTIF DALAM UPAYA MENDUKUNG LAYANAN INFORMASI DI KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411291-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Purworejo merupakan salah satu instansi yang ada di Kabupaten Purworejo yang pelaksanaan kegiatannya tidak terlepas dari kegiatan pengelolaan arsip. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu 1)Bagaimana pengelolaan arsip inaktif dalam upaya mendukung layanan informasi yang ada di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Purworejo, 2) Apa saja hambatan yang dihadapi dalam usaha pelaksanaan pengelolaan arsip inaktif dalam upaya mendukung layanan informasi yang ada di Kantor Arsipdan Perpustakaan Daerah Kabupaten Purworejo, 3) Apa saja upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan pengelolaan arsip inaktif dalam upaya mendukung layanan informasi di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Purworejo. Penelitian inimenggunakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Purworejo, Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi Akuisisi, Pengelolaan Arsip dan Dokumentasi,Staff Sub Tata Usaha,dan Arsiparis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur penelitian ini meliputi tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan arsip meliputi pencatatan arsip, pengendalian dan pendistribusian arsip, penyimpanan arsip, pemeliharaan arsip, pengawasan arsip, pemindahan dan pemusnahan arsip. Kendala yang ada antara lain masih adanya arsip yang menumpuk di ruang depo penyimpanan arsip, tidak adanya sanksi bagi peminjam arsip yang terlambat mengembalikan.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pencatatan arsip melalui kelengkapan arsip, pengendalian dan pendistribusian dengan tanggal terima, tanggal surat, paraf penerima. Sistem penyimpanan arsip yang digunakan adalah sistem penyimpanan kronologis (tanggal), pemeliharaan dengan membersihkan setiap sudut ruang arsip baik dengan kemoceng atau sapu dan memberikan kapur barus disela rak arsip juga melapisi arsip dengan kertas payung, pemindahan dan pemusnahan arsip dilakukan setiap periodik atau setahun sekali. Dengan demikian menyarankan : 1) mengoptimalkan ruang depo penyimpananyang arsipnya masih ditumpuk dan belum diolah, 2) memberikan sanksi kepada peminjam arsip yang mengembalikan tidak tepat waktu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Arsip Inaktif, Layanan Informasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 01:19
Last Modified: 12 Nov 2015 01:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21410

Actions (login required)

View Item View Item