PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHAREDALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA SISWA KELAS X AP I DI SMK PL TARCISIUS SEMARANG


Septa Kristiani, 7101411286 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHAREDALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA SISWA KELAS X AP I DI SMK PL TARCISIUS SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411286-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Kompetensi Kejuruan Standar Kompetensi Memahami administras perkantoran bertujuan agar siswa dapat melakukan kegiatan-kegiatan administrasi sesuai dengan prinsip-prinsip penyelenggaraannya. Dalam kegiatan belajar mengajar guru menggunakan model pembelajaran ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Guru menjelaskan materi kepada siswa, menanyakan apakah siswa memahami atau belum dan setelah itu memberikan tugas kepada siswa sehingga siswa terlihat cenderung kurang aktif dan individual sehingga kerjasama siswa dalam memecahkan masalah (Motor activities, Emotional activities)antar siswa masih kurang. Dalam kegiatan belajar siswa kurang berani untuk mengemukakan pendapat, memberi saran, dan tidak ada kegiatan untuk diskusi (Oral activities). Kerjasama kurang yang dimaksud disini adalah terlihat ketika hanya siswa yang aktif saja yang mau mengemukakan pendapat ketika diberi contoh permasalahan oleh guru. Sedangkan siswa yang pasif hanya diam mendengarkan dan melihat temannya menjawab sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan-kegiatan visual (visualactivities). Cara yang dapat digunakan sebagai stimulusuntuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran kejuruan administrasi perkantoran yaitu dengan memilih model pembelajaran yang tepat yaitu Think Pair Shareuntuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran.Subjek Penelitian kelas X AP I SMK PL Tarcisius Semarang. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan meliputi, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data adalah Lembar pengamatan aktivitas siswa dan guru.Hasil penelitian siklus I, Sangat Tinggi 11%, Tinggi 23%, Sedang 40%, Kurang 20% dan Sangat Kurang 6%, hasil siklus II Sangat Tinggi 23%, Tinggi 60%, Sedang 17%,Tidak ada siswa yang berada pada kategori Kurang dan Sangat Kurang.Berdasarkan kesimpulan dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Memahami Administrasi Perkantoran siswa kelas X AP I SMK PL Tarcisius Semarang. Saran yang dapat diberikan yaitu perlunya memperhatikan manajemen waktu

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share, Aktivitas Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 01:15
Last Modified: 12 Nov 2015 01:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21408

Actions (login required)

View Item View Item