IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PQ4R BERBANTUAN KARTU MASALAH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII


Asri Kurniati , 4101411032 (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PQ4R BERBANTUAN KARTU MASALAH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411032-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) apakah implementasi model pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (PQ4R) berbantuan kartu masalah efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, 2) bagaimana kualitas pembelajaran pada model Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (PQ4R) berbantuan kartu masalah, dan 3) bagaimana kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 29 Semarang pada pembelajaran dengan model Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (PQ4R) berbantuan kartu masalah. Metode penelitian ini adalah metode kombinasi model concurrent embedded dengan metode primer untuk metode kualitatif dan metode sekunder untuk metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Semarang. Sampel diambil dengan cara cluster random sampling, dengan populasi normal dan homogen. Untuk data kualitatif, pemilihan subjek berdasarkan teknik purposive sampling. Subjek yang terpilih adalah kelompok atas (S06, S15), kelompok tengah (S08, S16), dan kelompok bawah (S09, S31). Metode pengumpulan data meliputi: metode dokumentasi, metode tes, metode angket, metode observasi dan metode wawancara. Analisis data kuantitatif yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji proporsi, dan uji perbedaan rata-rata. Analisis data kualitatif digunakan untuk mengetahui kualitas pembelajaran PQ4R berbantuan kartu masalah dan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan menggunakan indikator Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi model pembelajaran PQ4R berbantuan kartu masalah efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, 2) kualitas pembelajaran dengan model PQ4R berbantuan kartu masalah tergolong dalam kriteria sangat baik, dan 3) subjek pada kategori kelompok atas memiliki TKBK level 4; subjek pada kategori kelompok tengah memiliki TKBK level 1 dan TKBK level 2; serta subjek pada kategori kelompok bawah memiliki TKBK level 0. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru untuk memberikan kesempatan peserta didik mencari penyelesaian masalah yang diberikan dengan cara sendiri dan menyelesaikan masalah dengan lebih dari satu cara yang berbeda. Selain itu, akan lebih baik jika guru matematika dapat mengimplementasikan model Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (PQ4R) berbantuan kartu masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PQ4R, kartu masalah, kemampuan berpikir kreatif.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 01:21
Last Modified: 12 Nov 2015 01:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21407

Actions (login required)

View Item View Item