PENGARUH TEMAN SEBAYA, LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK GATRA PRAJA PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2014/2015


Rakhmita Dias Agustiana, 7101411280 (2015) PENGARUH TEMAN SEBAYA, LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK GATRA PRAJA PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411280-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Data yang diperoleh dari SMK Gatra Praja Pekalongan dapat dilihat masih ada siswa yang tidak masuk sekolah tanpa alasan. Pemerintah kota pekalongan juga akan mengadakan jam malam agar siswa usia sekolah dapat lebih disiplin dalam belajar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teman sebaya, lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian akuntansi di SMK Gatra Praja Pekalongan Tahun ajaran 2014/2015yang berjumlah 40 siswa.Variabel yang diteliti adalah teman sebaya, lingkungan keluarga, motivasi belajar dan disiplin belajar siswaMetode pengumpulan data penelitian berupa angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif danstatistik inferensial.Hasil penelitian menunjukan teman sebaya, lingkungan keluarga dan motivasi belajar berpengaruh positif dan segnifikan terhadap disiplin belajar.Teman sebaya, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar berpengaruh86,2%secara simultan. Teman sebayaberpengaruh28,72%, lingkungan keluarga berpengaruh 13,32%, danmotivasi belajarberpengaruh19,44% secara parsial.Simpulan dari penelitianadalah teman sebaya, lingkungan keluarga dan motivasi siswa berpengaruh terhadap disiplin belajar berdasarkan analisis parsial. Teman sebaya, lingkungan keluarga dan motivasi siswa berpengaruh terhadap disiplin belajar berdasarkan analisis simultan. Saran yang diajukan:siswa diharapkan dapat saling membantu teman sebayanya yang sedang mengalami kesulitan dalam belajar akuntansi,guru akuntansidan orangtuahendaknya lebih memotivasi dan mengawasi siswa agar lebih disiplin belajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teman Sebaya, LingkunganKeluarga, Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 01:09
Last Modified: 12 Nov 2015 01:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21403

Actions (login required)

View Item View Item