KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU FUN MATH BOOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII


Subuh Amalludin , 4101411031 (2015) KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU FUN MATH BOOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411031-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Problem Based Learning berbantu Fun Math Book terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII. Indikator keefektifan pada penelitian ini adalah hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen mencapai ketuntasan klasikal lebih dari atau sama dengan 75% dari jumlah siswa di kelas, serta ratarata hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkah. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, diperoleh dua kelas sampel, yaitu kelas VIII I sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data meliputi metode tes, metode observasi, metode dokumentasi, dan metode angket. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji proporsi, dan uji ketidaksamaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan Problem Based Learning berbantu Fun Math Book mencapai ketuntasan klasikal lebih dari atau sama dengan 75% dari jumlah siswa di kelas. Selain itu, rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan Problem Based Learning berbantu Fun Math Book lebih baik daripada rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori berbantu Fun Math Book. Dari hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning berbantu Fun Math Book efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII. Peneliti menyarankan agar Problem Based Learning berbantu Fun Math Book dapat diterapkan sebagai alternatif usaha perbaikan pembelajaran di sekolah khususnya terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; Fun Math Book; Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 01:11
Last Modified: 12 Nov 2015 01:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21402

Actions (login required)

View Item View Item