PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, MOTIVASI BERWIRAUSAHA DAN LINGKUNGAN KELUARGATERHADAP SIKAP MENTAL KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK NEGERI 1 DEMAK(Studi Pada Siswa Kelas XI PemasaranTahun Ajaran 2014/2015)


Wisnu Septian Ginanjar Prihantoro, 7101411270 (2015) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, MOTIVASI BERWIRAUSAHA DAN LINGKUNGAN KELUARGATERHADAP SIKAP MENTAL KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK NEGERI 1 DEMAK(Studi Pada Siswa Kelas XI PemasaranTahun Ajaran 2014/2015). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411270-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengangguran merupakan masalah yang dihadapi setiap negara. Siswa SMK diharapkan untuk mampu menjadi wirausaha baru karena dibekali mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan yang menuntut siswa menguasai teori maupun praktik wirausaha. Contohnya siswa dilatih membuat telur asin, tempe dan prakarya-prakarya yang lain. Bekal tentu sudah ada namun siswa perlu mendapatkan dorongan atau motivasi untuk berwirausaha, motivasi untuk berwirausaha harus ditimbulkan pada diri siswa baik oleh guru maupun lingkungan keluarga siswa. Secara tidak langsung orang tua juga dapat mempengaruhi sikapterhadap pekerjaan anak dimasa yang akan datang, termasuk dalam hal berwirausaha.Responden penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan pemasaran SMK Negeri 1 Demak yang berjumlah 47 siswa.Variabel dalampenelitian ini adalah variabel bebas yaitu pendidikan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, lingkungan keluarga dan sikap mental kewirausahaan sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data berupa dokumentasi dan angket. Metode analisis yaituanalisis deskripsi presentase, analisis regresi berganda dan uji asumsi klasik.Hasil analisis regresi bergandapendidikan kewirausahaanberpengaruh positifterhadap sikap mental kewirausahaan, motivasi berwirausahaberpengaruh positif terhadap sikap mental kewirausahaandan lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap sikap mental kewirausahaan. Sedangkan pengaruh pendidikan kewirausahaan, motivasi berwirausaha dan lingkungan keluarga terhadap sikap mental kewirausahaan sebesar 50,1% dan sisanya sebesar 49,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara simultan dan parsial pendidikan kewirausahaan, motivasi berwirausaha dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap sikap mental kewirausahaan.Saran yang berkaitan dengan penelitian ini adalah guru diharapkan mampu lebih memberikan motivasi maupun dorongan supaya siswa lebih tertarik dalam menerima pelajaran kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, Lingkungan Keluarga, Sikap Mental Kewirausahaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 01:01
Last Modified: 12 Nov 2015 01:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21399

Actions (login required)

View Item View Item