KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII


Pinta Dian Lestari, 4101411029 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411029-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar merupakan faktor penting dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika dengan menerapkan model PBL dengan pendekatan saintifik merupakan salah satu upaya alternatif yang dapat memaksimalkan kemampuan pemecahan masalah dan memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemandirian belajar melalui berbagai kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran yang menggunakan model PBL dengan pendekatan saintifik ini. Tujuan dari penelitian ini (1) untuk mengetahui bahwa pembelajaran model PBL dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 41 Semarang pada materi segiempat efektif; (2) untuk mengetahui adakah pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 41 Semarang pada pembelajaran yang menggunakan model PBL dengan pendekatan saintifik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 41 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling yang diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi, tes, observasi dan skala sikap. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji rata-rata, uji proporsi, uji perbedaan dua rata-rata dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran model PBL dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 41 Semarang pada materi segiempat efektif; (2) kemandirian belajar memiliki pengaruh yang positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model PBL dengan pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Problem-Based Learning (PBL), Pendekatan Saintifik, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 01:02
Last Modified: 12 Nov 2015 01:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21395

Actions (login required)

View Item View Item