PERAN KESIAPAN BELAJAR DALAM MEMEDIASI PENGARUH KREATIVITAS SISWA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 SEMARANG
Dina Tsabitah, 7101411264 (2015) PERAN KESIAPAN BELAJAR DALAM MEMEDIASI PENGARUH KREATIVITAS SISWA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan pengambilan data awal di MAN 1 Semarang diketahui hasil belajar akuntansi sebagian besar siswa masih belum mencapai standart kelulusan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah pengaruh kreativitas siswa dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi secara parsial, selanjutnya adakah pengaruh positif dan signifikan mengenai kreativitas siswa dan fasilitas belajar melalui kesiapan belajar sebagai variabel mediasi terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN 1 Semarang tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 103siswa, namun yang masuk ketika penelitian hanya 94 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial.Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial kreativitas siswa terhadap hasil belajar sebesar 24,8%, fasilitas belajar berpengaruh sebesar 28,6% terhadap hasil belajar dan kesiapan belajar berpengaruh sebesar 42,7%terhadap hasil belajar. Kemudian, secara tidak langsung kreativitas siswa melalui kesiapan belajar mempengaruhi hasil belajar sebesar 9,8% sedangkan fasilitas belajar berpengaruh sebesar 9% terhadap hasil belajar melalui kesiapan belajar.Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa kreativitas siswa, fasilitas belajar serta kesiapan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar akuntansi baik secara langsung ataupun tidak langsung. Saran yang diberikan guru hendaknya membantu siswa dalam mengembangkan kreativitas siswa dan mengoptimalkan pengunaan fasilitas belajar baik secara kualitas maupun kuantitas
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Siswa, Fasilitas Belajar, Kesiapan Belajar dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | ahmad sanusi unnes |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 00:53 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 00:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21394 |
Actions (login required)
View Item |