PENINGAKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS IV SDN MANGUNSARI KOTA SEMARANG


UTIK PUJI LESTARI , 1401411165 (2015) PENINGAKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS IV SDN MANGUNSARI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411165-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan refleksi bersama kolabolator di SDN Mangunsari Kota Semarang, peneliti menemukan pembelajaran PKn pada siswa kelas IV belum optimal yang disebabkan oleh: 1) penggunaan model dan media pembelajaran oleh guru belum optimal; 2) aktivitas siswa rendah; 3) hasil belajar siswa rendah. Hal ini ditunjukkan dari 24 siswa, 18 siswa belum mencapai KKM. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dilaksanakannya Penelitian Tindakan Kelas menerapkan model think talk write dengan media puzzle. Rumusan masalah dalam penelitian adalah Bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model think talk write dengan media puzzle pada siswa kelas IV SDN Mangunsari Kota Semarang ? Tujuan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model think talk write dengan media puzzle pada siswa kelas IV SDN Mangunsari Kota Semarang. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mangunsari Kota Semarang sebanyak 24 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Sumber data: guru, siswa, data dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data meliputi teknik tes dan non tes, teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian keterampilan guru, pada siklus I diperoleh skor 26 kategori baik. Pada siklus II diperoleh skor 31 kategori baik. Pada siklus III diperoleh skor 36 kategori sangat baik. Skor aktivitas siswa, pada siklus I diperoleh skor 25,28 kategori baik. Pada siklus II diperoleh skor 28,25 kategori baik. Pada siklus III diperoleh skor 31,67 kategori baik. Sedangkan rata- rata hasil belajar pada siklus I 70,41, dan ketuntasan klasikal 66,67%. Pada siklus II diperoleh data dengan nilai rata-rata 76,67, dan ketuntasan klasikal sebesar 75% yang. Pada siklus III diperoleh data dengan nilai rata-rata 82.08 dan ketuntasan klasikal sebesar 83,34%. Simpulan dari hasil penelitian di SDN Mangunsari Kota Semarang yaitu terdapat peningkatan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Mangunsari Kota Semarang melalui penerapan model think talk write dengan media puzzle. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan sebelum melaksanakan pembelajaran, guru harus membuat persiapan dan perencaan yang matang meliputi instrumen, model dan meida serta lembar kerja yang kan digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran, Puzzle, Think Talk Write
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:53
Last Modified: 12 Nov 2015 03:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21391

Actions (login required)

View Item View Item