KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK BIDANG KEAHLIAN TKR
Canto, 5201411001 (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK BIDANG KEAHLIAN TKR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran Structured Dyadic Methods (SDM) dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada materi sistem kemudi. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian adalah guru kurang memperhatikan pemilihan model pembelajaran yang tepat diterapkan untuk memenuhi kompetensi yang harus dicapai Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain experiment design, karena dalam desain ini peneliti mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi eksperimen. Prosedur penelitian yang digunakan adalah desain jenis pre test-post test control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri Karangpucung, Kabupaten Cilacap. Populasi pada penelitian ini adalah 176 orang siswa, terdiri dari 5 kelas dengan komposisi kelas XI TKR 1 sebanyak 36 siswa, kelas XI TKR 2 sebanyak 36 siswa, kelas XI TKR 3 sebanyak 35 siswa, kelas XI TKR 4 sebanyak 35 siswa dan kelas XI TKR 5 sebanyak 36 siswa. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yaitu kelas XI TKR 3 jumlah 35 siswa sebagai kelas ekperimen dan kelas XI TKR 1 jumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Penggumpulan data menggunakan metode tes pilihan ganda serta analisis data menggunakan statistika dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa rata – rata hasil studi kompetensi memperbaiki sistem kemudi pada kelompok eksperimen yang semula 51,26 menjadi 73,71 atau terjadi peningkatan sebesar 17,97%, sedangkan pada kelompok kontrol yang semula memiliki rata–rata sebesar 53,42 menjadi 60,44 atau terjadi peningkatan sebesar 6,17%. Hasil penghitungan analisis data terjadi perbedaan antara Structured Dyadic Methods (SDM) dan model pembelajaran langsung pada kompetensi memperbaiki sistem kemudi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | structured dyadic learning method, learning outcome |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1 |
Depositing User: | risma nur unnes |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 23:09 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 23:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21390 |
Actions (login required)
View Item |