PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN KEPRIBADIAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 2 MAGELANG (Studi Pada Siswa Kelas X Tahun Ajaran 2014/2015)

Anindawati Rini Safitri, 7101411261 (2015) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN KEPRIBADIAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 2 MAGELANG (Studi Pada Siswa Kelas X Tahun Ajaran 2014/2015). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2409Kb)

    Abstract

    Minat berwirausaha siswa kelas X jurusan pemasaran SMK Negeri 2 Magelang masih kurang yaitu hanya ada 15% siswa yang berani berwirausaha. Hal ini dibuktikan karena saat pelaksanaan mata pelajaran kewirausahaan guru kurang melakukan inovasi dan interaks imasih kurang. Dari hasil observasi menunjukkan siswa sebagian besar hanya diberikan materi saja dan pembahasan dikelas hanya dilakukan satu arah. Tanya jawab antara siswa dan guru masih kurang terjalin. Terlebih lagi dalam kegiatan kepribadian siswa belum mengeksplorasi diri mereka masing-masing. Siswa belum bisa mengembangkan potensi mereka masing-masing. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahan dan kepribadian terhadap minat berwirausaha siswa kelas X jurusan pemasaran SMKNegeri 2 Magelang. Populasi penelitian ini seluruhnya siswa kelas X jurusan pemasaran SMK Negeri 2 Magelang yang berjumlah 107 siswa sedangkan sampel yang digunakan adalah 84 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Variabel dalampenelitian ini adalah variabel bebas yaitu pendidikan kewirausahaan (X1) dan kepribadian (X2) , dan Minat Berwirausaha (Y) sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data, dokumentasi, wawancara dan angket. Metode analisis yaitu analisis deskripsi presentase.Secara deskripsi variabel independen termasuk kategori cukup sedangkan variabel bebas termasuk kategori baik. Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha sebesar 27,7% . pengaruh kepribadian terhadap minat berwirausaha sebesar 66,0%. Sedangkan pengaruh pendidikan kewirausahaan dan praktik kewiraushaan terhadap minat berwirausaha sebesar 51,8% dan sisanya sebesar 48,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti..Kesimpulan dari penelitian ini adalah jika variabel pendidikan kewirausahaan naik sebesar 1 % maka minat berwirausaha akan meningkat sebesar 27,7% dan jika variabel kepribadian naik sebesar 1 % maka minat berwirausaha akan meningkat sebesar 66,0%. Sedangkan besarnya pengaruh seluruh variabel dependen terhadapvariabel independen sebesar 51,8% dan sisanya 48,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini adalah guru diharapkan mampu lebih memberikan motivasi maupun dorongan supaya siswa lebih tertarik dalam menerima pelajaran kewirausahaan dan kepribadian lebih dapat mengemabangkan potensi siswa supaya siswa lebih yakin untuk berwirausaha dan sedangkan untuk peneliti dapat ditambahkan variabel lain yang dimungkinkan mempunyai pengaruh terhadap minat berwirausaha.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewirausahaan, Kepribadian, Minat Berwirausaha
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: ahmad sanusi unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 19:50
    Last Modified: 11 Nov 2015 19:50

    Actions (login required)

    View Item