PENGARUH KOMPETENSI PETUGAS KEARSIPAN DAN SARANA PRASARANA KEARSIPAN TERHADAP KELANCARAN PENGELOLAAN ARSIP DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Fauza Umami, 7101411260 (2015) PENGARUH KOMPETENSI PETUGAS KEARSIPAN DAN SARANA PRASARANA KEARSIPAN TERHADAP KELANCARAN PENGELOLAAN ARSIP DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411260-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan arsip merupakan proses pengendalian arsip secara efektif, efisien dan sistematis melalui penciptaan, penggunaan, dan pemeliharaan, serta penyusutan arsip. Pengelolaan arsipdinamis di Universitas Negeri Semarang telah diatur dalam Peraturan Rektor Universitas Negeri Semarang Nomor 24 Tahun 2013. Berdasarkan studipendahuluan diketahui bahwa pengelolaan arsip belum sesuai dengan pedoman pengelolaan kearsipan. Kelancaran pengelolaan arsip diantaranya dipengaruhi oleh kompetensi petugas kearsipan dan sarana prasarana kearsipan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh kompetensi petugas kearsipan dan sarana prasarana kearsipan terhadap kelancaran pengelolaan arsip di Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petugas kearsipan (arsip dinamis) di unit kerja Universitas Negeri Semarang yang terdiri dari Fakultas, Lembaga, Biro, Unit Pelaksana Tugas, dan Badan yang berjumlah 82orang. Dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh sehingga semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Metode pengumpulan datamenggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda adalah Y = 7,641 + 0,883X1+ 0,739X2. Besarnya pengaruh secara simultan antara kompetensi petugas kearsipan dan sarana prasarana kearsipan terhadap kelancaran pengelolaan arsip di Universitas Negeri Semarang sebesar 33,3%. Variabel yang memberikan pengaruh paling besar terhadap kelancaran pengelolaan arsip secara parsial adalah sarana prasarana kearsipan yaitu sebesar 21,07%, sedangkan untuk kompetensi petugas kearsipan memberikan pengaruh lebih kecil yaitu sebesar 7,84%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruhkompetensi petugas kearsipan dan sarana prasarana kearsipan terhadap kelancaran pengelolaan arsip di Universitas Negeri Semarang. Saran dari penelitian ini adalah 1)Pimpinan unit kerja sebaiknya memberikan kesempatan kepada semua petugas kearsipan untuk mengikuti pelatihan kearsipan, 2) Pimpinan unit kerja yang belum menyediakan ruang penyimpanan khusus arsip sebaiknya menyediakan ruang penyimpanan khusus arsip agar petugas kearsipan lebih nyaman dalam bekerja dan pengamanan arsip lebih terjaga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Arsip, Kompetensi Petugas Kearsipan, Sarana Prasarana Kearsipan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:45
Last Modified: 12 Nov 2015 00:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21385

Actions (login required)

View Item View Item