PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KOMPETENSI DASAR PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KELAS XII SMA NEGERI 1 GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Tomy Mandika Hutama, 3201407019 (2014) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KOMPETENSI DASAR PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KELAS XII SMA NEGERI 1 GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1371Kb)

    Abstract

    Hasil belajar Geografi kompetensi dasar pemanfaatan sistem informasi geografis pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Grobogan masih rendah, terlihat dari rendahnya siswa yang memnuhi standar KKM yang ditetapkan dalam kegiatan pembelajaran.. Dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Sistem Informasi Geografis dalam kegiatan pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai apakah pelaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis sistem informasi geografis dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pra-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design. Pada tahap awal dilakukan dengan menentukan sampel yang dipilih, diberikan tes awal (pre-test) untuk mengetahui keadaan awal siswa, kemudian diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis sistem informasi geografis selama dua pertemuan, setelah itu pengukuran (post-test) dan angket pendapat siswa,. Sampel yang dipilih adalah kelas XII IPS SMA Negeri 1 Grobogan, yang memiliki jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis, dokumentasi, serta angket. Hasil penelitian menunjukkan rata – rata skor pre-test (awal) 60.67 sedangkan rata – rata skor post-test (akhir) 76.08. Perolehan analisis nilai minat belajar pada akhir penelitian, menggunakan uji perbedaan dua pihak berpasangan, menunjukkan t hitung sebesar 9.162 dan t 2.039 dengan taraf signifikansi 5% dan dk= 32– 1=31 karena t hitung tabel berada pada daerah penolakan H₀ maka Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil pre-test dan post-test atau bisa dikatakan hasil post-test lebih baik dari pada pre-test. , Berdasarkan hasil penelitian yang diterapkan pada mata pelajaran Geografi, mengenai Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Sistem Informasi Geografis Pada Mata Pelajaran Geografi Kompetensi Dasar Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis Kelas XII SMA Negeri 1 Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014 didapat; (1). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis sistem informasi geografis berlangsung dengan lancar. Siswa terdorong untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. (2). Dengan menggunakan media pembelajaran berbasis sistem informasi geografis dapat meningkatkan minat belajar Geografi siswa kelas XII SMA 1 Grobogan. Dengan demikian, maka media pembelajaran berbasis sistem informasi geografis layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif untuk meningkatkan minat belajar Geografi kompetensi dasar Pemanfaatan sistem informasi geografis.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Media Pembelajaran, Sistem Informasi Geografis.
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
    Depositing User: muhammad farhan unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 19:43
    Last Modified: 11 Nov 2015 19:43

    Actions (login required)

    View Item