PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI MEMAHAMI SISTEM PENGISIAN


Ahmad Zahroni, 5201411003 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI MEMAHAMI SISTEM PENGISIAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5201411003-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Selama ini pembelajaran di SMK N 10 Semarang cenderung berpusat pada guru. Pengaruh positif model pembelajaran berbasis proyek yaitu memberikan kesempatan siswa untuk meningkatkan daya pikirnya dan menempatkan siswa sebagai subyek belajar serta guru sebagai fasilitator jadi siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan pemahaman siswa pada kompetensi memahami sistem pengisian dengan diterapkannya model Pembelajaran Berbasis Proyek. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR, terdapat tiga kelas untuk yang mengambil jurusan TKR dan jumlah populasinya sebanyak 85 siswa. Sampel yang digunakan adalah 28 siswa kelas XI TKR 1 sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas XI TKR 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode tes, analisis data menggunakan statistik deskripsi dan uji t. Berdasarkan hasil uji t nilai post test pada kompetensi memahami sistem pengisian ternyata ada peningkatan tingkat pemahaman setelah menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada kelas kontrol rata – rata nilai pada test awal (pretest) mencapai 46,46 dan setelah diberikan metode pembelajaran konvensional rata-rata nilainya menjadi 72,82, sehingga pada kelas kontrol rata-rata nilainya mengalami peningkatan 56,7% yaitu sebesar 26.36, dan pada kelas eksperimen rata – rata nilai pada tes awal (pretest) mencapai 48,96 dan setelah diberikan perlakuan memperoleh rata-rata nilai sebesar 80,25. Sehingga pada kelas eksperimen rata-rata nilainya mengalami peningkatan 63,9% yaitu sebesar 31,29. Jadi pada kelas eksperimen setelah diberikan metode pembelajaran berbasis proyek meningkat mencapai 31,29 lebih besar dari pada kelas kontrol yang hanya mencapai 26,36. Kepada para pengajar disarankan untuk mencoba menerapkan pembelajaran berbasis proyek karena terbukti melalui metode pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kompetensi memahami sistem pengisian. Kepada siswa agar bisa belajar bekerja dalam kelompok dengan siswa lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pemahaman, pembelajaran berbasis proyek, memahami sistem pengisian
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:48
Last Modified: 12 Nov 2015 00:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21380

Actions (login required)

View Item View Item