ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP MATERI LINGKARAN DALAM PEMBELAJARAN MODEL TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC


Cintya Putri Permata , 4101411025 (2015) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP MATERI LINGKARAN DALAM PEMBELAJARAN MODEL TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411025-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP materi lingkaran pada pembelajaran model TSTS dengan pendekatan scientific dan menjelaskan faktor penghambat kemampuan komunikasi matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di kelas VIII G SMP N 16 Semarang. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa kelas VIII G tahun pelajaran 2014/2015 yang berasal dari kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Metode yang digunakan adalah tes, wawancara, dokumentasi, dan lembar pengamatan aktivitas. Hasil penelitian yang diperoleh untuk subjek kelompok tinggi cenderung mampu mencapai indikator mengekspresikan, mendemonstrasikan, menggambarkan, dan menginterpretasikan ide matematis serta kemampuan menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika, dan struktur-strukturnya untuk menyajikan ide matematis. Hambatan yang dimiliki subjek kelompok tinggi dari faktor kemampuan membaca dan menulis. Kelompok sedang cenderung mampu mencapai indikator kemampuan mendemonstrasikan, menggambarkan, mengevaluasi ide matematis, dan kemampuan menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika, dan struktur-strukturnya untuk menyajikan ide matematis. Hambatan yang dimiliki subjek kelompok sedang dari faktor kemampuan membaca, menulis, dan pemahaman matematik. Sedangkan kelompok rendah cenderung mampu mencapai indikator mendemostrasikan, menggambarkan, dan menginterpretasikan ide matematis. Hambatan yang dimiliki subjek kelompok rendah dari faktor kemampuan membaca, menulis, pengetahuan prasyarat, dan pemahaman matematik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis, Two Stay Two Stray (TSTS), dan Scientific.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:50
Last Modified: 12 Nov 2015 00:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21379

Actions (login required)

View Item View Item