PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWAMELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN PERALATAN KANTOR KELAS X AP 1 DI SMK PELITA NUSANTARA 1 SEMARANG
Diana Reza Punky, 7101411258 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWAMELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN PERALATAN KANTOR KELAS X AP 1 DI SMK PELITA NUSANTARA 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan faktor pendukung dalam peningkatan kemajuan dan kualitas karakter suatu bangsa. Tujuan dari proses belajar akan tercapai dengan adanya perubahan tingkah laku dan tercapainya hasil belajar yang optimal. Hasil observasi awal dikelas X AP I menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajarsiswa masih rendah. Hasil belajar siswa kelas X AP 1 menunjukkan sebanyak 70% (21 siswa) dalam kriteria belum tuntas dan 30% (9 siswa) dalam kriteria tuntas di atas KKM yaitu 75. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar yang dicapai siswa salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini belum mampu meningkatkan gairah belajar para siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah menerapkan modelpembelajaranNHT pada kompetensi dasar menggunakan peralatan kantor.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AP 1 SMK Pelita Nusantara 1 Semarang yang berjumlah 30 siswa. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus. Kegiatan setiap siklus dalam penelitian ini meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran NHT. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode tes dan metode non tes pada setiap siklus.Hasil penelitian diperoleh aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran siklus 1 sebesar 66,96% termasuk dalam kategori cukup aktif dan pada siklus II sebesar78,44% termasuk dalam kategori aktif. Adapun rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 76,53 dengan ketuntasan klasikal 63,33%. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat pada siklus II sebesar 85,47 dengan ketuntasan klasikal mencapai 76,67%.Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X AP 1 pada kompetensi dasar menggunakan peralatan kantor. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian iniyaitu: bagi siswa pada indikator aktivitas lisan, aspek mampu merespon atau menjawab pertanyaan dari kelompok lain perlu ditingkatkan lagi. Hal tersebut diakibatkan masih kurangnya kepercayaan diri untuk dapat menjawab pertanyaan dari kelompok lain. Sehingga diperlukan rasa percaya diri pada setiap siswa agar aktivitas lisan dapat meningkat
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Siswa, Numbered Heads Together (NHT) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | ahmad sanusi unnes |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 00:42 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 00:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21378 |
Actions (login required)
View Item |