PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA MONOPOLI PADA KOMPETENSI DASAR MENGURUS ATAU MENJAGA SISTEM DOKUMEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AP 2 JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK HIDAYAH SEMARANG


Tiara Puspitasari, 7101411255 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA MONOPOLI PADA KOMPETENSI DASAR MENGURUS ATAU MENJAGA SISTEM DOKUMEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AP 2 JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK HIDAYAH SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411255-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal di SMK Hidayah Semarang diperoleh data bahwa guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional,sehingga siswa merasa jenuh dan kurang tertarik dengan pembelajaran. Hal tersebut membuat siswa cenderung kurang aktif pada saat pembelajaran. Untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dilakukan penelitian tindakan dengan menggunakan model pembelajaran teamsgames tournamentberbantu media monopoli. Model pembelajaran teamsgames tournamentmerupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang mampu meningkatkan keterlibatansiswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran teams games tournament(TGT) berbantu media monopoli dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X AP2 SMK Hidayah Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMK Hidayah Semarang, subjek penelitian adalah kelas X AP2 yang berjumlah 27 siswa yang akan diteliti keaktifan dan hasil belajar melalui model pembelajaran TGT berbantu media monopoli. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan tiap siklusnya, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Prosedur penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keaktifan belajar siswa sebesar 55,34%, dan hasil belajar siswa diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 55,56% dengan nilai rata-rata sebesar 74,07 pada siklus I. Pada siklus II persentase keaktifan belajar siswa mengalami kenaikan menjadi 76,3% dan hasil belajar siswa diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 88,89% dengan nilai rata-rata 78,7 juga mengalami kenaikan dari siklus sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X AP 2 SMK Hidayah Semarang pada kompetensi dasar mengurus atau menjaga sistem dokumen, pembelajaran dapat dilakukan melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantu media monopoli. Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan guru menjadikan model pembelajaran TGT berbantu media monopoli sebagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament, Media Monopoli, Keaktifan, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:36
Last Modified: 12 Nov 2015 00:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21374

Actions (login required)

View Item View Item