PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL TAKE AND GIVE BERBANTU MEDIA MAKET PADA SISWA KELAS VD SD ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG


ISWARDANI RUSDI , 1401411163 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL TAKE AND GIVE BERBANTU MEDIA MAKET PADA SISWA KELAS VD SD ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411163-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPA merupakan cara untuk mengenalkan konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan alam dan lingkungannya. IPA mengajak peserta didik memiliki rasa ingin tahu serta memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, serta memiliki kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat. Namun, pada kenyataanya ditemukan permasalahan pada kualitas pembelajaran IPA pada kelas VD SD Islam Hidayatullah Semarang yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar yang masih rendah. Sebanyak 22 siswa dari 34 (35,29%) belum tuntas dengan KKM ≤ 67. Untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran maka digunakan model Take and Give berbantuan media Maket. Rumusan masalah secara umum adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui model Take and Give berbantuan media Maket pada siswa kelas VD SD Islam Hidayatullah Semarang?”.Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui model Take and Give berbantuan media Maket pada siswa kelas VD SD Islam Hidayatullah Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, tiap siklus terdiri dari 1 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VD SD Islam Hidyatullah Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian melalui model Take and Give berbantuan media Maket menunjukkan bahwa (1) Keterampilan guru meningkat pada siklus I memiliki rata-rata 29 skor (baik), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 33 skor (sangat baik) dan pada siklus terakhir keterampilan guru meningkat menjadi 38 skor (sangat baik). (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 22,05 (baik), kemudian siklus II rata-rata meningkat menjadi 24,94 (baik) dan pada siklus III rata-rata aktivitas siswa meningkat menjadi 27,02 (sangat baik). (3) Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan persentase ketuntasan 52,90%. Pada siklus II, ketuntasan belajar meningkat mencapai 67,70% dan pada siklus III meningkat sebanyak 17,5% sehingga hasil belajar siswa menjadi 85,20 %. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model Take and Give berbantuan media Maket dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru hendaknya pembelajaran melalui model Take and Give berbantuan media Maket dapat digunakan untuk pembelajaran lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Take and Give, Maket
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:39
Last Modified: 12 Nov 2015 00:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21372

Actions (login required)

View Item View Item