KEEFEKTIFAN MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN ALAT PERAGA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII


Rizky Desi Widyawati , 4101411023 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN ALAT PERAGA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411023-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan fokus dalam pembelajaran matematika karena dapat dijadikan sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan pembelajaran. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Juwana belum optimal. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut yaitu menerapkan model pembelajaran PBL dan alat peraga pop up book. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model PBL dengan pendekatan saintifik berbantuan alat peraga pop up book terhadap hasil belajar siswa pada kelas VIII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Juwana tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 160 siswa. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih tiga kelompok sampel. Kelompok eksperimen 1 yaitu kelompok siswa yang diterapkan model PBL dengan pendekatan saintifik berbantuan alat peraga pop up book , kelompok eksperimen 2 yaitu kelompok siswa yang diterapkan model PBL dengan pendekatan saintifik dan kelompok kontrol yaitu kelompok siswa yang diterapkan pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik. Analisis data menggunakan lembar pengamatan, lembar angket, uji proporsi, uji analisis varians satu jalur, dan uji tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan pendekatan saintifik berbantuan alat peraga pop up book efektif terhadap hasil belajar siswa pada kelas VIII. Hasil ini ditunjukkan dengan (1) hasil belajar siswa yang menggunakan penerapan model PBL dengan pendekatan saintifik berbantuan pop up book tuntas secara individual secara klasikal; (2) pencapaian persentase aktivitas guru dan aktivitas siswa mencapai waktu yang ideal; (3) kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam kategori baik; (4) banyaknya siswa yang memberi respon positif terhadap kegiatan pembelajaran lebih dari 80%; (5) rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII yang menerima penerapan model PBL dengan pendekatan saintifik berbantuan alat peraga pop up book lebih dari rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII yang menerima penerapan model PBL dengan pendekatan saintifik dan pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik. Saran yang dapat direkomendasikan pada guru matematika SMP Negeri 1 Juwana yaitu (1) pada penelitian ini jumlah pop up book masih terbatas, untuk itu perlu ditambahkan lagi jumlahnya supaya hasil belajar siswa lebih maksimal; (2) pembuatan alat peraga pop up book membutuhkan waktu yang relatif lama dan rumit sehingga untuk pembuatan pop up book dapat dilakukan jauh-jauh hari sebelum penelitian dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model PBL, Pop Up Book, Hasil Belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:37
Last Modified: 12 Nov 2015 00:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21371

Actions (login required)

View Item View Item