EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN 2014/2015
Amirul Arif, 7101411245 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Aktivitas belajar dan hasilbelajar merupakantolak ukur keberhasilan prosesbelajarmengajaryang salahsatunyadipengaruhiolehmodelpembelajaran.Salahsatumodelyang dijadikanalternatifolehguruadalahmodelpembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Tujuan penelitian iniadalah untukmembuktikan keefektifan model pembelajaran TAI terhadapaktivitasdanhasilbelajar ekonomisiswakelas XSMA Teuku Umar Semarangtahun ajaran 2014/2015.Penelitian inimenggunakan pre-testpost-test controlgroupexperiment design.Populasidalam penelitianiniadalahseluruhsiswakelasX diSMA Teuku Umar Semarangtahunajaran2014/2015,yang terdiriatas3kelassebanyak107 siswa.Sampelpenelitiandiambildengantekniksimple randomsamplingyaitu denganundian.Metodepengumpulandatayaitudengantes danobservasi. Pengujian Ha1 dan Ha2 menggunakan uji paired sample t-test. Sedangkan pengujianHa3dan Ha4menggunakan ujiindependent samplet-test.Hasil penelitian menunjukan bahwa ketuntasanklasikalaktivitasbelajarsiswapertemuankeduauntukkelas eksperimen 72,5 dan kelas kontrol 67,86. Sedangkan aktivitas pertemuan ketiga kelaseksperimen87,5dankelaskontrol71,43.Aktivitasbelajar untukkelas eksperimenmeningkat15danaktivitasbelajaruntukkelaskontrolmeningkat 3,57. Hasilpenelitian sebelumtreatmentmenunjukkan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen73,03dankelaskontrol72,34.Sedangkannilairata-rataposttest untukkelas eksperimen85,11dannilaiuntukkelas kontrol80,26.Hasilbelajar untukkelas eksperimenmeningkat12,08dan hasilbelajar untukkelaskontrol meningkat 7,92.Simpulan daripenelitianiniadalahmodelpembelajaranTAI dapatmeningkatkan aktivitasdan hasilbelajarekonomikompetensidasarPDB, PDRB, PNB, dan PNsertalebihefektifdibandingkandenganmodel pembelajarankonvensional.Sarandaripenelitianinidiharapkanagar guru menerapkanmodelTAI berbasis tutor sebayakarena terbukti efektif meningkatkanaktivitas danhasilbelajarekonomi padakompetensidasar PDB, PDRB, PNB, dan PNtapidalampenerapannya harus memperhatikanketerbatasandari model iniagardapat berfungsi secaramaksimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | ahmad sanusi unnes |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 00:33 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 00:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21370 |
Actions (login required)
View Item |