HUBUNGAN ANTARA PRAKTIK PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN) DENGAN KEBERADAAN JENTIK NYAMUK AEDES AEGYPTI DI RW 7 KELURAHAN SUKOREJO KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG

Argi Septianto , 6411410059 (2015) HUBUNGAN ANTARA PRAKTIK PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN) DENGAN KEBERADAAN JENTIK NYAMUK AEDES AEGYPTI DI RW 7 KELURAHAN SUKOREJO KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3568Kb)

    Abstract

    Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu faktor masalah kesehatan masyarakat yang cenderung semakin luas penyebarannya. Kelurahan Sukorejo memiliki Angka Bebas Jentik (ABJ) sebesar 57,4% dan RW 7 memiliki angka bebas jentik (ABJ) yang rendah yaitu 40,7%. Penelitian ini menggunakan metode explanatory research dengan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 81 rumah yang diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Data diolah menggunakan uji chi square dengan α= 0,05. Hasil dari penelitian ini adalah ada hubungan antara praktik pemberantasan sarang nyamuk secara fisik dengan keberadaan jentik Aedes aegypti (p= 0,0001), ada hubungan antara praktik pemberantasan sarang nyamuk secara kimia dengan keberadaan jentik Aedes aegypti (p= 0,010), ada hubungan antara praktik pemberantasan sarang nyamuk secara biologi dengan keberadaan jentik Aedes aegypti (p= 0,034). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara praktik pemberantasan sarang nyamuk secara fisik, ada hubungan pemberantasan nyamuk secara kimia, ada hubungan pemberantasan nyamuk secara biologi dengan keberadaan jentik Aedes aegypti. Saran untuk pihak pusksemas lebih meningkatkan pemantauan jentik rutin atau memberikan penyuluhan kepada masyarakat dan pembagian larvasida.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Aedes aegypti, Jentik Nyamuk, PSN.
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
    Depositing User: rizqi mulyantara unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 19:38
    Last Modified: 11 Nov 2015 19:38

    Actions (login required)

    View Item