PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, ORIENTASI TUJUAN BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PESERTA DIDIK KELAS X IIS SMA NEGERI 2 CEPU TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Dyah Eka Pratiwi, 7101411240 (2015) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, ORIENTASI TUJUAN BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PESERTA DIDIK KELAS X IIS SMA NEGERI 2 CEPU TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411240-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 2 Cepu, diketahui bahwa masih banyak peserta didik yang memiliki nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), ini mengindikasikan prestasi belajar ekonomi peserta didik kurag maksimal atau masih rendah. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua, dan orientasi tujuan berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi baik secara bersama-sama atau secara parsial. Kedua untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan orientasi tujuan berprestasi terhadap motivasi belajar secara parsial. Ketiga untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi peserta didik melalui motivasi belajar. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh orientasi tujuan berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi melalui motivasi belajar.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasidan sampel pada penelitian ini, yaitu seluruh peserta didik kelas X IIS SMA Negeri 2 Cepu Tahun Pelajaran 2014/2015, karena penelitian ini merupakan penelitian populasi. Metode Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial.Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat pengaruh signifikan pola asuh orang tua dan orientasi tujuan berprestasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi (2) terdapat pengaruh signifikan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi, (3) terdapat pengaruh signifikan orientasi tujuan berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi, (4) terdapat pengaruh signifikan pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar, (5) terdapat pengaruh signifikan orientasi tujuan berprestasi terhadap motivasi belajar, (6) terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, ( 7) terdapat pengaruh signifikan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi melalui motivasi belajar, (8) terdapat pengaruh signifikan orientasi tujuan berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi melalui motivasi belajar.Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua, dan orientasi tujuan berprestasi berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi baik secara langsung maupun melalui motivasi belajar. Saran yang diberikan, hendaknya peserta didik meningkatkan orientasi tujuan berprestasi dan motivasi belajarnya, agar dapat mencapai prestasi belajar ekonomi yang optimal. Orang tua hendaknya memberikan pola asuh yang baik, karena pola asuh berpengaruh terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar ekonomi peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Orientasi Tujuan Berprestasi, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Ekonomi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:30
Last Modified: 12 Nov 2015 00:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21365

Actions (login required)

View Item View Item