PEMBENTUKAN BERPIKIR KREATIF DAN RASA INGIN TAHU MELALUI MODEL ADVANCE ORGANIZER BERBASIS ATONG MATERI GEOMETRI KELAS VIII


Ema Istiani , 4101411020 (2015) PEMBENTUKAN BERPIKIR KREATIF DAN RASA INGIN TAHU MELALUI MODEL ADVANCE ORGANIZER BERBASIS ATONG MATERI GEOMETRI KELAS VIII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411020-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam konteks pembelajaran matematika kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan yang dapat memudahkan siswa untuk menemukan solusi yang beragam menyelesaikan suatu masalah. Disini diterapkan pembelajaran model Advance Organizer berbasis ATONG materi pokok kubus dan balok, dimana melalui tugas terstruktur materi selanjutnya dan diskusi kelompok siswa menemukan konsep sendiri materi dengan langkah pembelajaran meng-Amati, men-Tanyakan, meng-Olah, me-Nalar dan meng-Gagas (ATONG). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif yang ditandai dengan ketuntasan kemampuan berpikir kreatif, terdapat pengaruh signifikan karakter rasa ingin tahu dan keterampilan berpikir kreatif terhadap kemampuan berpikir kreatif, peningkatan karakter rasa ingin tahu dan keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods. Populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Semarang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling terpilih siswa kelas VIII D sebagai kelas penelitian dan dengan purposive terpilih 5 siswa sebagai subjek kualitatif. Pengumpulan data dengan tes, observasi, dan wawancara. Data diolah dengan uji rata-rata (ketuntasan), uji pengaruh, uji gain dan secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran efektif terhadap kemampuan bepikir kreatif siswa ditunjukkan dengan (1) rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kreatif yaitu 83,1 mencapai ketuntasan baik secara individual maupun secara klasikal, (2) terdapat pengaruh positif karakter rasa ingin tahu dan keterampilan berpikir kreatif terhadap kemampuan berpikir kreatif sebesar dengan ditunjukkannya ̂ , dan (3) terdapat peningkatan karakter rasa ingin tahu dan keterampilan berpikir kreatif pada subjek dengan rata-ratanya 0,44; 0,21; 0,34 ; 0,29; 0,16 dan 0,13; 0,27; 0,19; 0,18; 0,08. Berdasarkan hasil tersebut di atas, pembentukan rasa ingin tahu dan keterampilan berpikir kreatif tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model Advance Organizer berbasis ATONG efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: berpikir kreatif, rasa ingin tahu, Advance Organizer ,ATONG.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:29
Last Modified: 12 Nov 2015 00:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21359

Actions (login required)

View Item View Item