KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIRAND SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI PERMINTAAN DAN PENAWARAN UANG PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Cita Nursasi, 7101411236 (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIRAND SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI PERMINTAAN DAN PENAWARAN UANG PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411236-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berpikir kritis adalah suatu kegiatan atau proses kognitif, tindakan mental untuk memperoleh pengetahuan, pemahaman dan keterampilan agar mampu menemukan jalan keluar dan keputusan secara deduktif, induktif dan evaluatif sesuai dengan tahapannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Shareterhadap kemampuan berpikir kritis materi Permintaan dan Penawaran Uang pada siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rembang Kabupaten Purbalingga.Penelitian ini merupakan Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Posttest-Only control design. Proses pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh 2 kelas yaitu kelas X4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Sharedan X5 sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kemampuan berpikir kritis dan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share. Metode analisis data dilakukan dengan menerapkan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji t.Hasil analisis keefektifan pembelajaran kelas eksperimen dengan metode kooperatif tipe Think Pair and Share menunjukan angka sebesar 84,6% dan kelas kontrol dengan metode konvensional sebesar 42,3%. Menurut Mulyasa (2003: 99) efektivitas penggunaan strategi belajar mengajar yang digunakan dalam pembelajaran dapat dilihat dari keberhasilan kelas menurut teori ketuntasan belajar, yaitu siswa mampu mencapai minimal 65% dan sekurang-kurangnya 85% dari keseluruhan jumlah siswa.Kesimpulan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and share efektif terhadap kemampuan berpikir kritis materi permintaan dan penawaran uang siswa kelas X SMA Negeri 1 Rembang Purbalingga. Saran dalam penelitian ini yaitu guru ekonomi dapat mempertimbangkan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share untuk materimateri yang membutuhkan pemahaman yang tinggi dan analisis, karena terbukti efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Tipe Think Pair and Share (TPS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:22
Last Modified: 12 Nov 2015 00:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21355

Actions (login required)

View Item View Item