PENGARUH MOTIVASI, PRESTASI BELAJAR, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI SE-KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015.


Nabila Kharisma, 7101411235 (2015) PENGARUH MOTIVASI, PRESTASI BELAJAR, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI SE-KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411235-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dengan melakukan penyebaran angket terhadap siswa kelas XII dan pengamatan terhadap data lulusan siswa di SMK N 2 Semarang dan SMK N 9 Semarang, menunjukkan bahwa minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII dan lulusan di sekolah tersebut kurang dari 20% sehingga masih belum mencapai salah satu SPM (Standar Pelayanan Minimal) SMK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif motivasi, prestasi belajar, status sosial ekonomiorang tuadan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII kompetensi keahlian akuntansi di SMK Negeri se-Kota Semarangtahun ajaran 20154/2015 baik secarasimultan maupun parsial.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIIkompetensi keahlianakuntansidiSMK Negeri se-Kota Semarang yang berjumlah 213 siswa.Jumlah sampel sebanyak 135siswa yang diambil menggunakan rumus Isaac dan Michael. Pembagian sampel menggunakan teknik proportionalrandom sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial.Hasil penelitian menunjukkanbahwa terdapat pengaruh motivasi, prestasi belajar, status sosial ekonomi orang tua, dan lingkungan teman sebaya secara simultan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebesar 71,5%. Sedangkan secara parsial motivasi berpengaruh sebesar 17,47%, prestasi belajar berpengaruh sebesar 23,91%, status sosial ekonomi orang tua berpengaruh sebesar 16,81%, dan lingkungan teman sebaya berpengaruh sebesar 10,50% terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif motivasi, prestasi belajar, status sosial ekonomi orang tua, dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri se-Kota Semarang baik secara simultan maupun parsial. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah diperlukan peran dari pihak sekolah seperti guru mata pelajarandan guru BKuntuk memberikan motivasi secara intens pada siswa dalam proses belajar mengajardan bimbingan kariragar motivasi siswa semakin berkembang dan konsisten.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Teman Sebaya, Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:18
Last Modified: 12 Nov 2015 00:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21351

Actions (login required)

View Item View Item