KEEFEKTIFAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MATHEMATICS CIRCUIT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIK

Ainur Rohmah Mufadlilah , 4101411015 (2015) KEEFEKTIFAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MATHEMATICS CIRCUIT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3859Kb)

    Abstract

    Representasi matematik adalah salah satu standar kemampuan matematis yang harus dimiliki oleh siswa. kemampuan representasi matematik (KRM) diperlukan siswa untuk menemukan dan membuat suatu alat atau cara berpikir dalam mengomunikasikan gagasan matematis dari yang sifatnya abstrak menuju konkret, sehingga lebih mudah untuk dipahami. Fakta – fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematik masih rendah. Guru hanya mengajarkan satu jenis representasi yaitu representasi visual (tabel dan gambar). Bentuk representasi lain masih banyak yang belum begitu diperhatikan, seperti representasi persamaan dan representasi verbal. Beberapa siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan representasi matematik, sehingga mereka masih bergantung pada bimbingan guru. Penerapan model discovery learning dengan pendekatan saintifik berbantuan mathematics circuit diharapkan efektif terhadap kemampuan representasi matematik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mungkid tahun pelajaran 2014/2015. Sampel diambil secara simple random sampling dan terpilih siswa kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII E sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yaitu dokumentasi, tes, angket dan observasi. Data dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata – rata dengan uji t satu pihak (kanan), uji proporsi dengan uji z satu pihak (kanan), regresi linear ganda dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil uji rata – rata menunjukkan bahwa rata – rata KRM siswa eksperimen lebih dari 70. Hasil uji proporsi menunjukkan bahwa presentase ketuntasan belajar siswa kelas eksperimen lebih dari 75%, (2) Hasil uji kesamaan dua rata - rata menunjukkan bahwa rata – rata KRM siswa kelas eksperimen lebih baik dibanding rata – rata kelas konrol. (3) Hasil analisis regresi linear ganda menunjukkan persamaan ̂ , koefisien determinasi sebesar artinya bahwa variasi variabel KRM dapat dijelaskan oleh variabel kemandirian belajar dan variabel keterampilan proses secara bersama – sama sebesar 71,8%. (4) Berdasarkan hasil analisis gain pada kelas eksperimen diperoleh rata – rata nilai indeks gain yang termasuk dalam kriteria sedang. Hasil uji t menunjukkan bahwa peningkatan KRM siswa yang memperoleh pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik berbantuan mathematics circuit lebih baik dibanding peningkatan KRM siswa yang memperoleh pembelajaran STAD. Sehingga dapat disimpulkan model discovery learning dengan pendekatan saintifik berbantuan mathematics circuit efektif terhadap KRM.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kemampuan representasi matematik, discovery learning, pendekatan saintifik, mathematics circuit
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 19:20
    Last Modified: 11 Nov 2015 19:20

    Actions (login required)

    View Item