PERAN GREEN MART SEBAGAI SUMBER BELAJARDALAM MENUNJANG KESIAPAN MELAKSANAKANPRAKTIK KERJA INDUSTRI PADA SISWAKELAS XI PEMASARAN DI SMK NEGERI 1 BATANG


Riza Dewi Melinda, 7101411233 (2015) PERAN GREEN MART SEBAGAI SUMBER BELAJARDALAM MENUNJANG KESIAPAN MELAKSANAKANPRAKTIK KERJA INDUSTRI PADA SISWAKELAS XI PEMASARAN DI SMK NEGERI 1 BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411233-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat memudahkan siswa dalam memperoleh sejumlah informasi, pengetahuan, pengalaman, dan ketrampilan dalam proses belajar mengajar.Salah satu program pembelajaran di SMK yakni dilakukan di dunia usaha / industri melalui Praktik Kerja Industri (Prakerin). Green Mart sudah lima tahun difungsikan sebagai sumber belajar melalui kegiatan praktik OJT internal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang peran Green Mart dalam memberikan informasi (pengetahuan, ketrampilan, sikap) dan pengalaman yang menunjang kesiapan siswa pada saat melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin).Pendekatan yang digunakan adalahpendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi Penelitian di Green MartSMK Negeri 1 Batang yang beralamat di Jl. Ki Mangunsarkoro No.2 Proyonanggan Selatan Kabupaten Batang. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 1 Batang. Informan pendukung meliputi: karyawan/kasir Green Mart, guru produktif pemasaran, dan guru kewirausahaan. Teknik pengumpulan data yakni melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data ini dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data dilakukan melalui analisis model interaktif, meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Prosedur penelitian dilakukan melalui tiga tahap yakni tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisisdata.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Green Mart dapat membantu siswa memenuhi beberapa kompetensi sebagai prasyarat pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) yakni meliputi pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan pengalaman baik di bidang pelayanan maupun keuangan. Siswa dapat merasakan peran Green Mart yakni selain dapat mempermudah dalam proses pembelajaran teori dan praktik juga dapat menunjang kesiapan siswa pada saat melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin).Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa peran Green Mart sebagai sumber belajar yakni memberikan pengetahuan, ketrampilan, pembelajaran sikap, pengalaman bidang pelayanan, maupun pengalaman bidang keuangan, yang dapat menunjang kesiapan siswa pada saat melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin). Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah Green Mart perlu menambah tugas atau kegiatan yang lebih kompleks dan beragam, perlu diadakan sanksi khusus apabila siswa melanggar tata tertib, serta pengadaan sosialisasi dan pelatihan yang lebih mendalam terkait dengan tugas atau pekerjaan pada saat Praktik Kerja Industri (Prakerin)

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar, Kesiapan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:14
Last Modified: 12 Nov 2015 00:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21348

Actions (login required)

View Item View Item