KONTRIBUSI PEMANFAATAN MEDIA MASSA SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH STUDI BENCANA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN GEOGRAFI TAHUN 2015

Afif Imanulloh, 3201408042 (2015) KONTRIBUSI PEMANFAATAN MEDIA MASSA SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH STUDI BENCANA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN GEOGRAFI TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1050Kb)

    Abstract

    viii Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mempelajari materi perkuliahan diperlukan media yang mampu mengakomodasi kebutuhan mahasiswa dalam pembelajarannya. Berdasarkan fenomena yang ada, maka penulis melakukan penelitian mengenai hubungan pemanfaatan media massa sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar mata kuliah studi bencana Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pemanfaatan media massa sebagai sumber belajar dalam mata kuliah Studi Bencana bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi 2) mengetahui kontribusi pemanfaatan media massa sebagai sumber belajar dengan hasil belajar mata kuliah studi bencana mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi . Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Studi Bencana sebanyak 162 mahasiswa. Sedangkan sampel dari penelitian ini diambil 25% dari populasi atau sebanyak 40 mahasiswa dan teknik pengambilan sampelnya dengan teknik purposive sampling atau sampel bertujuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan metode deskriptif persentase dan analisis product moment. Variabel dalam penelitian ini adalah pemanfaatan media massa sebagai sumber belajar dan hasil belajar mata kuliah Studi Bencana. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan deskriptif persentase hasil belajar mata kuliah Studi Bencana sebesar 64% atau dalam kategori sedang dan tingkat pemanfaatan media massa sebagai sumber belajar mata kuliah Studi Bencana adalah 79,5% dan termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan analisis product moment diperoleh hasil =0,426 > rtabel = 0,312 , jadi dapat dikatakan bahwa ada hubungan antara kedua variabel. Berdasarkan simpulan penelitian yaitu terdapat kontribusi dalam pemanfaatan media massa sebagai sumber belajar dengan hasil belajar mata kuliah Studi Bencana maka disarankan: 1) Dalam proses pembelajaran materi perkuliahan Studi Bencana jangan terlalu difokuskan pada pengayaan materi berdasarkan power point semata dan handout yang ada, tetapi juga pemilihan fokus pada media yang digunakan sebagai literatur pembelajaran. 2) Pemanfaatan media massa dapat dijadikan sebagai sarana pengayaan materi pembelajaran melalui fasilitas yang terdapat di dalamnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Media Massa, Sumber Belajar, Hasil Belajar
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 19:18
    Last Modified: 11 Nov 2015 19:18

    Actions (login required)

    View Item