PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM AC


Luki Zakariya, 5201411016 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM AC. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5201411016-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantu media peraga terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem AC. Dengan diterapkannya model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantu media peraga ini diharapkan siswa dapat lebih memahami materi sistem AC. Penelitian eksperimen dilakukan dengan desain Pre Test-Post Test Kontrol Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII TKR SMK PALAPA Kedungpane Mijen Semarang, terdiri dari lima kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan teknik random sampling, sampel yang digunakan adalah kelas XII TKR 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII TKR 4 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pegumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode test. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji Normalitas, uji Homogenitas, uji t, dan uji Gain. Hasil analisis data menunjukan bahwa ada perubahan rata-rata hasil belajar kelas kontrol test pre-test mencapai (47,89) dan setelah diberikan pembelajaran yang tidak menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantu media peraga, meningkat menjadi (74,78), sehingga pada kelas kontrol setelah diberikan pembelajaran yang tidak menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantu media peraga peningkatan rata-rata mencapai (26,89). Adapun pada kelas eksperimen, ada perubahan rata-rata hasil belajar pada test pre-test mencapai (46,11) dan setelah diberikan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantu media peraga meningkat menjadi (81,00), sehingga pada kelas eksperimen setelah diberikan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantu media peraga peningkatan rata-rata mencapai (34,89) lebih besar dari pada kelas kontrol yang hanya mencapai(26,89). Berdasarkan hasil uji t nilai post-test kompetensi dasar memelihara/servis sistem AC (Air Conditioner) ternyata ada perbedaan yang signifikan hasil belajar memelihara/servis sistem AC (Air Conditioner)setelah menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantu media peraga. Kepada para pengajar disarankan untuk mencoba menerapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantu media peraga karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar memelihara/servis sistem AC (Air Conditioner).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Problem based learning (PBL), Media Peraga, Hasil Belajar, Sistem AC.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:16
Last Modified: 12 Nov 2015 00:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21346

Actions (login required)

View Item View Item