PENGARUH PEMANFAATAN LAWANG SEWU SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Refina Fiardi , 3101411165 (2015) PENGARUH PEMANFAATAN LAWANG SEWU SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan Lawang Sewu Semarang sebagai sumber belajar dengan metode Group Investigation berpengaruh terhadap minat belajar sejarah siswa SMA Kesatrian 1 Semarang dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Kesatrian 1 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan desain Pretes-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IP S 2 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI IPS 3 adalah kelas eksperimen. Varibel bebas dalam penelitian ini adalah pengaruh pemanfaatan Lawang Sewu Semarang sebagai sumber pembelajaran sejarah dengan menggunakan metode Group Investigation, sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah minat belajar sejarah siswa. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Rata-rata post-test minat belajar sejarah siswa pada kelas kontrol sebesar 72,75%, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 76,78% dan termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh thitung = 4,07. Untuk α = 5% dan dk = 31 + 30 - 2 = 59, sedangkan t tabel = 1,85. Karena thitung t (0,95)(60) maka H0 ditolak yang artinya adanya perbedaan minat belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengaruh pemanfaatan Gedung Lawang Sewu semarang sebagai sumber belajar dengan metode Group Investigation mampu meningkatkan minat belajar sejarah siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Group Investigation, Minat Belajar Sejarah, Pemanfaatan Gedung Lawang Sewu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | erni setyaningsih unnes |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 00:11 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 00:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21341 |
Actions (login required)
View Item |