PENGEMBANGAN PRESTASI EKONOMI BERBASIS 3P MODEL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI DI KABUPATEN BREBES


Iqro Wahyu Utami, 7101411227 (2015) PENGEMBANGAN PRESTASI EKONOMI BERBASIS 3P MODEL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI DI KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411227-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar menjadi tolak ukur keberhasilan proses belajar yang dilakukan oleh siswa, siswa yang dikatakan berhasil adalah siswa yang prestasi belajarnya tinggi sedangkan siswa yang prestasi belajarnya rendah maka siswa tersebut dianggap belum berhasil dalam proses belajar. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa pencapaianprestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Brebes cukup optimal, karena 57,4% atau 344 siswa memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM)yang ditentukan oleh sekolah. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengembangkan prestasi belajar melalui 3P Model John Biggs. Permasalahan penelitian ini apakah pengembangan prestasi ekonomi melalui 3P Model John Biggsdapat diterapkan di indonesiadalam penelitian ini 3P Model dikembangkanmenjadi variabel penelitian yang meliputi karakteristik siswa, keterampilan belajar, pengetahuan sebelumnya, pengalaman belajar, persepsi blended learning, approach to learningdan prestasi belajar. Karakteristik siswa, pengetahuan sebelumnya, keterampilan belajar sebagai variabel exogenous.Approach to learning, persepsi blended learningdan pengalaman belajar sebagaivariabel endogenousindependen. Prestasi belajar mata pelajaran ekonomi sebagai variabel endogenousdependen.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Brebes2056 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah Sman 1 Brebes, SMAN 2 Brebes, SMAN 1 Tanjung dan SMAN 1 Losari dengan sampel berjumlah 233 siswa. Metode pengambilansampel menggunakan multistage sampeldan proportional random sampel.Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan path analisysdengan bantuan AMOS 21.Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan pengaruh secara langsung pengaruh karakteristik siswa terhadap prestasi belajar sebesar 14,5 % dan 85,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Pengaruh pengetahuan sebelumnya terhadap prestasi belajar siswa sebesar 3% dan 97% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Pengaruh keterampilan belajarterhadap prestasi belajar siswa sebesar -14%. Pengaruh pengalaman belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 3,6% dan 6,4% sisanya dipengaruhi variabel lain. Pengaruh persepsi blended learningterhadap prestasi belajar siswa sebesar 11% dan 89 % sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Pengaruh approach to learningterhadap prestasi belajar siswa sebesar 74,1% dan sisanya 25,9 % dipengaruhi variabel lainnya.Hasil penelitian ini adalah approach to learning, , persepsi blended learning dan karakteristik siswa secara langsung berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Karakteristik siswa secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap prestasi belajar melalui approach to learning. Sedangkan pengetahuan sebelumnya dan keterampilan belajar secara tidak langsung berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar melalui approach to learning. Karakteristik siswa, pengetahuan sebelumnya and keterampilan belajar secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap prestasi belajar melalui pengalaman belajar. Karakteristik siswa, pengetahuan sebelumnya and keterampilan belajar secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap prestasi belajar melalui persepsi blended learning.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Siswa, Pengalaman Belajar, Persepsi Blended Learning,Approach To Learning, Keterampilan Belajar, Pengetahuan SebelumnyaDan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:05
Last Modified: 12 Nov 2015 00:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21339

Actions (login required)

View Item View Item