IMPLEMANTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IIS DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN AJARAN 2014/2015


Ina Muslimatun, 3101411159 (2015) IMPLEMANTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IIS DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411159-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (790kB) | Preview

Abstract

Fenomena kenakalan remaja terutama pelajar saat ini menunjukkan bahwa para pelajar mengalami krisis karakter. Pemerintah mulai melakukan pendidikan karakter tahun 2010 dan pada tahun 2013 terintegrasikan dalam setiap mata pelajaran di sekolah melalui kurikulum 2013. SMA Islam Sudirman Ambarawa adalah salah satu SMA yang bercirikan Islam yang masih menggunakan kurikulum 2013. Untuk itu penlitian ini meneliti tentang implementasi pendidikan karakter di SMA Islam Sudirman Ambarawa beserta kendala dan upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kendala yang ada. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dan penelitian ini dilaksanakan di SMA Islam Sudirman Ambarawa. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, sementara teknik sampling dengan menggunakan purposive sampling yang ditujukan kepada guru sejarah, dan beberapa siswa SMA Islam Sudirman Ambarawa. Teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik dan analisis data dengan analisis interaksi yang langkah-lagkahnya mulai dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, verifikasi. Temuan penelitian yaitu : Pertama Nilai karakter yang diimplementasikan dalam pembelajaran sejarah diantaranya: religius, disiplin, bijaksana, toleransi, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab, menghargai prestasi, semangat kebangsaan, dan gemar membaca dengan upaya guru melalui keteladanan, pembiasaan, ceramah, dan melalui media pembelajaran dengan penilaian menggunakan instrument tertentu yang masih belum sesuai dengan kurikulum 2013. Kedua kendala dalam implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah diantaranya karena keberagaman peserta didik, keterbatasan waktu, kemoerosotan moral, dan keterbatasan kemampuan guru. Ketiga Solusi untuk mengatasi kendala dengan cara terus menerus memberikan pendidikan karakter tersebut secara pelan-pelan dan guru sendiri berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasinya dengan melakukan usaha maksimal untuk melaksanakannya. Berdasarkan simpulan penelitian ini disarankan sebagai berikut : hendaknya guru lebih kreatif dengan inovasi-inovasi yang lebih baik dalam melakukan implemantasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah dan pematangan perencanaan oleh seluruh guru sejarah secara bersama-sama sehingga terbentuk kesamaan persepsi dan implementasi pendidikan karakter dalam pebelajaran sejarah yang sesuai dengan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:05
Last Modified: 12 Nov 2015 00:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21337

Actions (login required)

View Item View Item