PENGARUH KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS, GAYA MENGAJAR GURU, DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI SMK NASIONAL PATI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Rani, 7101411219 (2015) PENGARUH KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS, GAYA MENGAJAR GURU, DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI SMK NASIONAL PATI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411219-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SMK Nasional Pati, diketahui bahwa masih banyak peserta didik yang memiliki tingkat keaktifanbelajar yang rendah,ini mengindikasikan masih banyaknya peserta didik yang pasif selama mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengelola kelas, gaya mengajar guru, dan self-efficacy terhadap keaktifan belajar akuntansibaik secara bersama-sama atau secara parsial. Kedua untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengelola kelas terhadap keaktifanbelajar akuntansi peserta didik. Ketigauntuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guruterhadap keaktifanbelajar akuntansi peserta didik. Keempat untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap keaktifan belajar akuntansi peserta didik.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dan sampel pada penelitian ini, yaitu seluruh peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Nasional PatiTahun Pelajaran 2014/2015, karena penelitian ini merupakan penelitian populasi. Metode Pengumpulan data dengan menggunakan angket/ kuisioner. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial.Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat pengaruh signifikan keterampilan mengelola kelas, gaya mengajar guru, dan self-efficacy secara bersama-sama terhadap keaktifan belajar akuntansi(2) terdapat pengaruh signifikan keterampilan mengelola kelasterhadap keaktifan belajar akuntansi, (3) terdapat pengaruh signifikan gaya mengajar guru terhadap keaktifan belajar akuntansi, (4) terdapat pengaruh signifikan self-efficacy terhadap keaktifan belajar akuntansi.Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengelola kelas, gaya mengajar guru, dan self-efficacy terhadap keaktifan belajar akuntansi.Saran yang diberikan,hendaknya guru lebih meningkatkan keterampilan mengelola kelas agar bisa meng-handle kegiatan belajar mengajar sehingga peserta didik akan lebih aktif di kelas. Guru juga harus lebih memvariasikan gaya mengajar ketika menyampaikan materi, sehingga peserta didik tidak akan bosan ketika mendapat materi pelajaran akuntansi.Peserta didik meningkatkan self-efficacy atau keyakinan diri, agar dapat mengikuti kegiatan pembelajaransecara optimalsehingga prestasi yang diperoleh bias memuaskan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengelola Kleas, Gaya Mengajar Guru, Self-Efficacy, dan Keaktifan Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:01
Last Modified: 12 Nov 2015 00:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21335

Actions (login required)

View Item View Item