KEEFEKTIFAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN SMART STICKER TERHADAP RASA INGIN TAHU DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII

Anisa Nur Afrida , 4101411012 (2015) KEEFEKTIFAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN SMART STICKER TERHADAP RASA INGIN TAHU DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis adalah hal penting dalam pembelajaran matematika. Beberapa cara untuk meningkatkannya adalah dengan model pembelajaran Guided Discovery berbantuan smart sticker. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui bahwa kemampuan berpikir kritis mencapai ketuntasan klasikal, (2) mengetahui bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, dan (3) mengetahui bahwa sikap rasa ingin tahu siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan true eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester II SMP Negeri 1 Slawi tahun pelajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling, dengan teknik tersebut diperoleh siswa kelas VII 4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery berbantuan smart sticker dan siswa kelas VII 5 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Penelitian dilakukan dengan mengukur tes kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu pada akhir penelitian. Analisis data awal menunjukkan bahwa data dari kedua kelas penelitian berdistribusi normal, homogen, dan mempunyai rata-rata yang sama. Hasil analisis data akhir diperoleh bahwa: (1) Kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen mencapai ketuntasan klasikal; (2) Kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; (3) Sikap rasa ingin tahu siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Guided Discovery berbantuan smart sticker efektif terhadap rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP N 1 Slawi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Guided Discovery, Smart Sticker, Rasa Ingin Tahu, Kemampuan Berpikir Kritis.
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 19:05
    Last Modified: 11 Nov 2015 19:05

    Actions (login required)

    View Item