IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PAKET KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK N SE KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/ 2015


Bagus Prasetyo, 5201411042 (2015) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PAKET KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK N SE KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/ 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5201411042-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah UU No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Permendikbud No 81A dan 104 tentang Implementasi Kurikulum 2013, pelatihan Kurikulum 2013 yang masih sangat kurang untuk guru-guru Paket Keahlian Teknik Pemesinan, dan pelaksanaan Kurikulum 2013 yang belum sesuai dengan yang diharapkan pemerintah. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi Kurikulum 2013 pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil belajar pada Paket Keahlian Teknik Pemesinan di SMK N se Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/ 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana implementasi Kurikulum 2013 pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil belajar pada Paket Keahlian Teknik Pemesinan di SMK N se Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/ 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sasaran pelaksanaan penelitian ini adalah seluruh guru Paket Keahlian Teknik Pemesinan, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, dan beberapa siswa Paket Keahlian Teknik Pemesinan di SMK N se Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/ 2015 yang menggunakan Kurikulum 2013. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas prodak moment korelasi dan uji reliabilitas alpha conprach. Untuk analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan adalah bahwa perencanaan, semua guru sudah membuat perencanaan dengan sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran diketahui bahwa guru sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik. Pelaksanaan evaluasi hasil belajar diketahui untuk mendapatkan nilai sikap, semua guru menggunakan instrumen observasi, nilai pengetahuan menggunakan tes tulis dan tugas, nilai ketrampilan menggunakan tes praktek dan tes proyek. Simpulan dalam penelitian ini adalah implementasi Kurikulum 2013 pada perencanaan dan evaluasi hasil belajar pada Paket Keahlian Teknik Pemesinan di SMK N se Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/ 2015 berjalan dengan sangat baik. Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran pada Paket Keahlian Teknik Pemesinan di SMK N se Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/ 2015 berjalan dengan baik. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah agar dinas pendidikan dapat menyederhanakan administrasi penilaian sikap, pengetahuan, dan ketrampilan, agar para guru lebih mudah dalam memberikan nilai bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum 2013, Teknik Pemesinan.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:10
Last Modified: 12 Nov 2015 00:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21330

Actions (login required)

View Item View Item