IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 1 PEMALANG
Dwi Ayu Putri Novijayanti, 3101411152 (2015) IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 1 PEMALANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penanaman nilai karakter dalam proses belajar mengajar merupakan hal penting. Penanaman nilai karakter dalam proses pembelajaran diharapkan dapat membentuk kepribadian peserta didik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah nilai-nilai karakter dikembangkan oleh guru dalam perangkat pembelajaran pada pembelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 1 Pemalang? (2) Bagaimanakah penanaman nilai-nilai karakter dalam proses belajar mengajar pada pembelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 1 Pemalang? (3) Kendala apakah yang dialami oleh guru saat menerapkan nilai-nilai karakter pada proses pembelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 1 Pemalang?. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMA Negeri 1 Pemalang. Informan dalam penelitian ini adalah Waka Humas dan Infokom, guru sejarah kelas X dan siswa kelas X SMA Negeri 1 Pemalang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis yang dilakukan menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Guru menambahkan kegiatan pembelajaran dengan desain yang dapat menanamkan nilai karakter pada siswa misalnya menggunakan metode yang mendukung penanaman nilai karakter, contohnya diskusi kelompok. Kemudian dengan menambah sumber belajar melalui internet, menambahkan teknik penilaian sehingga ada teknik penilaian yang dapat digunakan untuk mengembangkan karakter siswa. Kedua, penanaman nilai karakter dalam proses belajar mengajar pada pembelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 1 Pemalang sudah berjalan dengan baik. Dra. Nuryati selalu berupaya dalam menanamkan nilai karakter kepada siswa. Nilai karakter tersebut meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, cinta damai dan tanggung jawab. Ketiga, kendala yang dihadapi guru yaitu beberapa siswa kurang patuh terhadap guru seperti siswa mengobrol ketika pelajaran, siswa masih dalam usia labil sehingga mudah terbawa arus. Dalam mengatasi kendala, guru menegur dan melakukan pendekatan kepada siswa. Saran yang diajukan bagi pihak sekolah, guru dan orang tua diharapkan bekerja sama dalam penanaman nilai karakter siswa. Perlu diadakanya penelitian lanjutan mengenai nilai karakter yang dikembangkan dalam perangkat pembelajaran mata pelajaran sejarah sehingga perangkat pembelajaran dapat lebih berkembang untuk menanamkan nilai karakter siswa pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran, Penanaman Nilai Karakter, Pembelajaran Sejarah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | erni setyaningsih unnes |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 23:58 |
Last Modified: | 11 Nov 2015 23:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21329 |
Actions (login required)
View Item |