KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS


Tri Utari , 4101411010 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411010-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP N 4 Batang masih banyak memiliki kelemahan dan perlu diperbaiki dalam proses pembelajaran matematika sehingga diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Model pembelajaran probing-prompting berbasis etnomatematika dapat diterapkan untuk melatih kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan klasikal kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran probing-prompting berbasis etnomatematika, membandingkan ratarata nilai kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran probing-prompting berbasis etnomatematika dengan model pembelajaran langsung, mengetahui pengaruh sikap pada budaya lokal terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 4 Batang tahun ajaran 2014/2015 dan dipilih secara cluster sampling diperoleh kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, tes tertulis, dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes tertulis dan lembar angket. Data dianalisis dengan uji proporsi satu pihak, uji rata-rata satu pihak, uji perbedaan dua rata-rata, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok dengan menggunakan model pembelajaran probing-prompting berbasis etnomatematika mencapai ketuntasan klasikal; (2) rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok menggunakan model pembelajaran probingprompting berbasis etnomatematika lebih baik dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa VIII pada materi kubus dan balok menggunakan model pembelajaran langsung; (3) Sikap cinta budaya lokal berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 50,1%. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran probing-prompting berbasis etnomatematika efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Probing-Prompting, Etnomatematika, Kemampuan Komunikasi Matematis.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 23:58
Last Modified: 11 Nov 2015 23:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21322

Actions (login required)

View Item View Item