PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN PERAN GURU TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI(Studi Kasus Siswa Kelas XII Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015)


Dhian Septi Budiarti, 7101411211 (2015) PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN PERAN GURU TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI(Studi Kasus Siswa Kelas XII Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411211-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi sangat memberikan peranan dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga perubahan-perubahan yang begitu cepat serta persaingan bebas dapat direspon oleh produk pendidikan yang ada. Sehingga melanjutkan studi ke perguruan tinggi sangat penting untuk membekali siswa agar memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan agarmampu bersaing di era global. Minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi dari data alumni selama 3 tahun berturut-turut dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2014 rata-rata sebesar 25%, hal ini menunjukkan bahwa minat siswa SMK Negeri 2 Semarang untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi masih rendah. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh lingkungan teman sebaya, kondisi sosial ekonomi orang tua, dan peran guru terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kelas XII jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Semarang tahun ajaran 2014/2015 secara simultan maupun parsial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh lingkungan teman sebaya, kondisi sosial ekonomi orang tua, dan peran guru terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kelas XII jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Semarang tahun ajaran 2014/2015 secara simultan maupun secara parsial.Populasi yang diteliti dalam penelitian ini merupakan siswa kelas XII jurusan Administrasi Perkantoran tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 102 siswa. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu lingkungan teman sebaya, kondisi sosial ekonomi orang tua, peran guru dan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Pengumpulan data dengan cara kuisioner, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda.Hasil dari analisis regresi berganda penelitian ini yaitu Y = -4,331 + 0,372X1+ 0,471X2 + 0,384X3 + e. Ada pengaruh secara simultan sebesar 86,6%, sedangkan pengaruh secara parsial lingkunganteman sebaya sebesar 16,97%, kondisi sosial ekonomi orang tua sebesar 19,98%, dan peran guru sebesar 29,92%.Kesimpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh lingkungan teman sebaya, kondisi sosial ekonomi orang tua, dan peran guru terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kelas XII jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Semarang tahun ajaran 2014/2015 secara simultan maupun secara parsial. Saran untuk siswa yaitu perlunya melanjutkan studi ke perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas diri dan siswa dengan teman sebaya untuk saling membantu serta bertukar informasi tentang seleksi masuk perguruan tinggi, untuk orang tua yaitu perlu membuka wawasan tentang sistem pendidikan di perguruan tinggi. Sedangkansaranuntuk guru yaitu perlu mengadakan pembekalan kepada siswa kelas XII secara rutin melalui guru BK di sela-sela pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Teman Sebaya, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Peran Guru, Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 23:46
Last Modified: 11 Nov 2015 23:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21314

Actions (login required)

View Item View Item