PERSEPSI GURU SEJARAH SMA DI KABUPATEN BLORA TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013


Fitria Melinda, 3101411144 (2015) PERSEPSI GURU SEJARAH SMA DI KABUPATEN BLORA TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411144-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan kebutuhan zaman, kurikulum selalu dikembangkan. Kurikulum 2013 yang merupakan pengembangan dari kurikulum 2006 dirancang untuk membentuk generasi yang berkompeten. Dalam mewujudkan tujuannya, guru sebagai pelaksana kurikulum memiliki peranan yang sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui persepsi guru sejarah terhadap implementasi kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 dalam pengembangan perangkat pembelajaran pada mata pelajaran sejarah, (2) mengetahui persepsi guru sejarah terhadap implementasi kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran sejarah, (3) mengetahui persepsi guru sejarah terhadap implementasi kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 pada materi dan alokasi waktu pembelajaran mata pelajaran sejarah, dan (4) mengetahui persepsi guru sejarah terhadap implementasi kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 dalam penilaian pembelajaran pada mata pelajaran sejarah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Blora, SMA Negeri 2 Blora, SMA Negeri 1 Tunjungan, SMA Negeri 1 Jepon, SMA Muhammadiyah 1 Blora, dan SMA Katolik Wijayakusuma. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi, dengan teknik analisis data model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru mengenai implementasi kurikulum 2006 maupun kurikulum 2013 beragam. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor yang berkaitan dengan pemahaman guru mengenai kurikulum, kondisi sekolah, maupun karakteristik siswa. Dalam praktiknya di beberapa sekolah dengan kondisi yang berbeda-beda, penerapan kurikulum 2006 maupun kurikulum 2013 dalam pengelolaan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, maupun penilaian pembelajaran oleh masing-masing guru berbeda-beda. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) pengkajian ulang mengenai buku ajar pada Kurikulum 2013, serta pengadaan diklat Kurikulum 2013 dengan pemateri dari bidang mata pelajaran sejarah untuk guru sejarah, (2) perlu diadakan pemantauan dan pengarahan di seluruh SMA yang menerapkan kurikulum 2013 secara rutin dengan waktu yang tidak ditentukan terutama dari pihak sekolah masing-masing, (3) bagi pemerintah, perlu diadakan evaluasi mengenai pembagian materi sejarah yang disesuaikan dengan alokasi waktu yang ada, serta (4) pengkajian ulang sistem penilaian pada kurikulum 2013 dengan melibatkan guru-guru dari sekolah-sekolah dengan kondisi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guru Sejarah, Kurikulum 2006, Kurikulum 201
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 23:38
Last Modified: 11 Nov 2015 23:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21308

Actions (login required)

View Item View Item