KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TAPPS BERBANTUAN ROAL-MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII


Nur Laili Pebriyani , 4101411009 (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TAPPS BERBANTUAN ROAL-MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411009-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu hal yang merupakan elemen penting dalam mempelajari matematika menguasai kemampuan berpikir kritis. Elemen lainnya yang diperlukan siswa adalah motivasi. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah dan matematika masih menjadi mata pelajaran yang kurang diminati di sekolah karena rendahnya motivasi siswa. Untuk itu penulis melakukan penelitian untuk mengetahui keefektifan pembelajaran TAPPS berbantuan Roal-Matematika terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi siswa kelas VII terutama pada materi aritmetika sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah strategi pembelajaran TAPPS berbantuan Roal-Matematika efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; (2) apakah strategi pembelajaran TAPPS berbantuan RoalMatematika lebih efektif dari strategi pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; (3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan motivasi siswa pada kelas yang menggunakan strategi TAPPS berbantuan RoalMatematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna tahun pelajaran 2014/2015. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VII I sebagai kelas eksperimen yang menerapkan strategi TAPPS berbantuan Roal-Matematika dan kelas VII H sebagai kelas kontrol yang menerapkan strategi ekspositori. Data diperoleh dengan metode dokumentasi, tes, dan angket. Hasil analisis data awal menunjukkan bahwa kedua kelas berasal dari populasi yang normal, homogen, dan tidak ada perbedaan rata-rata nilai kedua kelas. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji proporsi, uji beda dua rata-rata, dan uji regresi. Dari hasil analisis dengan uji proporsi diperoleh bahwa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar, dengan uji beda dua rata-rata diperoleh rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih dari rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis pada kelas kontrol, dan terdapat pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Simpulannya adalah: (1) strategi pembelajaran TAPPS berbantuan Roal-Matematika efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; (2) strategi pembelajaran TAPPS berbantuan RoalMatematika lebih efektif dari strategi pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; (3) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi siswa pada kelas yang menggunakan strategi TAPPS berbantuan RoalMatematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, kemampuan berpikir kritis, motivasi, TAPPS.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 23:49
Last Modified: 11 Nov 2015 23:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21307

Actions (login required)

View Item View Item