BENDA DAN BANGUNAN PENINGGALAN MASA LAMPAU SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA SISWA SMA NEGERI 1 SLAWI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Mukhamad Ali Afif, 3101411141 (2015) BENDA DAN BANGUNAN PENINGGALAN MASA LAMPAU SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA SISWA SMA NEGERI 1 SLAWI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411141-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sumber belajar adalah komponen yang sangat penting dan besar manfaatnya dalam pengajaran sejarah. Peninggalan masa lampau dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah pada siswa SMA Negeri 1 Slawi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) apa sajakah benda dan bangunan peninggalan masa lampau di Kabupaten Tegal yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar sejarah pada siswa SMA Negeri 1 Slawi? (2) bagaimana pemanfaatan peninggalan masa lampau yang ada di Kabupaten Tegal sebagai sumber belajar sejarah pada siswa SMA Negeri 1 Slawi? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di SMA Negeri 1 Slawi. Informan dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, juru kunci makam Ki Gede Sebayu, juru kunci makam Amangkurat I, pemandu Museum Sekolah Slawi, pemandu Situs Purbakala semedo, guru sejarah dan siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Slawi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Analisis yang dilakukan menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat empat sumber belajar sejarah yang dapat dimanfaatkan oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Slawi. Pertama adalah Situs Purbakala Semedo, kedua adalah Museum Sekolah Slawi yang merupakan tempat penyimpanan benda-benda peninggalan sejarah yang ditemukan di Kabupaten Tegal, ketiga adalah makam Amangkurat I, keempat yaitu makam Ki Gede Sebayu (2) Siswa SMA Negeri 1 Slawi pernah memanfaatkan peninggalan masa lampau di Kabupaten Tegal sebagai sumber belajar, salah satunya yaitu kelas X-7 di Situs Purbakala Semedo. Dalam melakukan proses pemanfaatan sumber belajar sejarah, siswa melakukan teknik wawancara, kemudian dokumentasi pemanfaatan berupa foto maupun rekaman video. Hasil akhir pemanfaatan berupa karya tulis atau makalah dan slide berupa power point. Penilaiannya dimasukkan kedalam penilaian keterampilan. Simpulan dari penelitian ini yaitu Situs Purbakala Semedo, Museum Sekolah Slawi, makam Amangkurat I, makam Ki Gede Sebayu. Siswa SMA Negeri 1 Slawi pernah melakukan pemanfaatan peninggalan masa lampau salah satunya yaitu kelas X-7 di Situs Purbakala Semedo. Pemanfaatan yang dilakukan dasar penugasan guru dan inisiatif rasa keingintahuan siswa yang besar terhadap peninggalan sejarah. Guru mengkaitkan materi sejarah dengan peninggalan sejarah yang ada di Kabupaten Tegal. Dalam melakukan proses pemanfaatan sumber belajar sejarah, siswa-siswi melakukan teknik wawancara, kemudian melakukan dokumentasi pemanfaatan yang berupa foto maupun rekaman video. Setelah melakukan pemanfaatan, siswamembuat hasil akhir berupa karya tulis atau makalah dan slide berupa power point. Penilaian dari proses akhir pemanfaatan sumber belajar sejarah yang dilakukan oleh siswa-siswi dimasukkan kedalam penilaian keterampilan. Saran yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah melihat kondisi dari tempat-tempat peninggalan masa lampau yang dapat dijadikan sumber beajar sejarah yang kurang diperhatikan, maka dalam hal ini Pemerintah harus lebih memperhatikan kondisi tempat-tempat tersebut Selain itu pemerintah Kabupaten Tegal harus lebih intens dalam melakukan sosialisasi kepada siswa-siswi SMA se-Kabupaten Tegal dalam memperkenalkan tempat tempat peninggalan masa lampau. Pengadaan buku-buku referensi dalam pelajaran sejarah pada tiap sekolah juga harus diadakan. Mengingat fungsinya dapat membantu guru dalam proses pembelajaran sejarah. Kemudian yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar sejarah pada siswa-siswi SMA Negeri 1 Sawi seharusnya perlu adanya koordinasi antara sekolah, guru, pemerintah, serta wali murid guna mendukung dan memfasislitasi pemanfaatan sumber belajar sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sumber belajar, Sejarah Lokal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 23:34
Last Modified: 11 Nov 2015 23:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21302

Actions (login required)

View Item View Item