KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII


Supriyanti, 4101411007 and Z. Mastur, - and Sugiman, - (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII. Unnes Journal of Mathematics Education.

[thumbnail of 4101411007-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Sentral dari pembelajaran matematika adalah pemecahan masalah. Berdasarkan hal tersebut, penguasaan kemampuan pemecahan masalah oleh setiap siswa adalah hal yang penting. Fakta-fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah masih rendah. Pelaksanaan pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran ekspositori yaitu pembelajaran berpusat pada guru, siswa cenderung pasif dan kurang terlibat aktif dalam pembelajaran merupakan salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk mengasah kemampuan pemecahan masalah siswa adalah model pembelajaran ARIAS berbasis etnomatematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ketuntasan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII pada materi aritmetika sosial yang menggunakan pembelajaran model ARIAS berbasis etnomatematika dan model ekspositori; (2) ada tidaknya perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran menggunakan model ARIAS berbasis etnomatematika dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran menggunakan model ekspositori; (3) pengaruh keterampilan proses siswa dan sikap cinta budaya lokal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Slawi tahun pelajaran 2014/2015. Sampel diambil secara cluster random sampling dan terpilih siswa kelas VII-9 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-8 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yaitu dokumentasi, tes, angket dan observasi. Data dianalisis menggunakan uji proporsi, uji beda dua rata-rata dan regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII pada materi aritmetika sosial yang menggunakan model pembelajaran ARIAS berbasis etnomatematika dan model pembelajaran ekspositori mencapai ketuntasan; (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII yang diajar dengan pembelajaran model ARIAS berbasis etnomatematika lebih baik dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII yang diajar dengan pembelajaran model ekspositori; dan (3) keterampilan proses siswa dan sikap cinta budaya lokal siswa secara bersama mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 61,3%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model ARIAS berbasis etnomatematika efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah, ARIAS, etnomatematika, keefektifan, keterampilan proses.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 23:33
Last Modified: 13 Apr 2023 07:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21299

Actions (login required)

View Item View Item