STUDY KOMPARATIF HASIL BELAJAR SEJARAH YANG MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT MELALUI MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DENGAN METODE PEMBELAJARAN CERAMAH MELALUI MEDIA GAMBAR KELAS XI SMA ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG TAHUN 2015


Silvia Hapsari Saramurti, 3101411138 (2015) STUDY KOMPARATIF HASIL BELAJAR SEJARAH YANG MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT MELALUI MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DENGAN METODE PEMBELAJARAN CERAMAH MELALUI MEDIA GAMBAR KELAS XI SMA ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411138-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah perubahan kemampuan yang diperoleh peserta didik setelah mengalami kegiatan belajar dalam waktu tertentu, baik berupa perubahan tingkah laku, perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi, dan keterampilan-keterampilan. Hasil belajar juga meliputi hasil belajar secara kognitif, afektif dan psikomotorik. Rumusan masalahnya adalah (1) bagaimana hasil belajar siswa kelas XI yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran TGT melalui media permainan monopoli di SMA Islam Hidayatullah Semarang? (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas XI yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Ceramah dengan menggunakan media gambar di SMA Islam Hidayatullah Semarang? (3) Apakah ada perbedaan hasil dari model pembelajaran yang menggunakan TGT melalui media monopoli dengan model pembelajaran Ceramah yang melalui media gambar? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan desain eksperimen pola Randomized Pre-test and Post-test Comparation Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah seluruhnya yaitu 52 siswa yang terbagi menjadi dua kelas. Sampel penelitian menggunakan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol, kelas XI IPS 1 sebagai kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh keterangan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,185. Untuk kelas kontrol diperoleh keterangan nilai rata– rata = 70,520. Dari hasil perhitungan nilai post test, kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran TGT melalui media monopoli pada kelas XI SMA Islam Hidayatullah Semarang pada materi Kolonialisme dan imperialisme barat di Indonesia lebih baik dari pada penggunaan model pembelajaran Ceramah melalui media gambar. Simpulan dari skripsi ini adalah (1) hasil belajar sejarah materi kolonialisme dan imperialisme barat di Indonesia siswa kelas XI SMA Islam Hidayatullah Semarang yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran TGT melalui media permainan monopoli sudah termasuk dalam kategori baik, hasil ini terlihat dari hasil penelitian yang menyebutkan hasil belajar kelompok eskperimen telah mencapai ketuntasan kelas (2) ada perbedaan hasil belajar materi sejarah siswa Kelas XI antara penerapan model pembelajaran TGT melalui media permainan monopoli dengan ceramah melalui media gambar di mana siswa yang diberi model pembelajaran TGT melalui media permainan monopoli memperoleh hasil belajar yang lebih baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, teams game tournament, ceramah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 23:15
Last Modified: 11 Nov 2015 23:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21285

Actions (login required)

View Item View Item