PENINGKATAN KETERAMPILAN MENANGKAP MAKNA TERTULIS TEKS EKSPLANASI SOSIOKULTURAL BERMUATAN PENDIDIKAN MORAL DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC METODE SQ4R PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 5 SEMARANG


Rina Jayaningtyas, 2101410133 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENANGKAP MAKNA TERTULIS TEKS EKSPLANASI SOSIOKULTURAL BERMUATAN PENDIDIKAN MORAL DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC METODE SQ4R PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 5 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101410133-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (26MB) | Preview

Abstract

Menangkap makna teks tertulis merupakan tujuan dalam proses membaca. Membaca merupakan kegiatan interaktif untuk memetik dan memahami makna yang terkandung dalam bahan tertulis. Keterampilan menangkap makna teks tertulis memberi manfaat yang penting bagi siswa sebab dengan menangkap makna teks tertulis, khususnya makna tersirat maupun tersurat dari bacaan tersebut, siswa dapat memahami secara garis besar tentang pesan yang ingin disampaikan dalam teks bacaan, dan siswa juga mampu menerapkan hasil pemahaman makna teks bacaan untuk kepentingan hidup sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Bahasa dan Sastra Indonesia, diketahui bahwa keterampilan menangkap makna tertulis teks eksplanasi padapeserta didik masih rendah. Rendahnya keterampilan menangkap makna tertulis teks eksplanasi disebabkan oleh faktor metode yang digunakan oleh guru belum sesuai dan bahan bacaan yang digunakan guru belum bervariasi. Guru masih menerapkan pola pembelajaran konvensional dan bahan bacaan pun selalu mengacu pada buku paket. Hal ini menyebabkan siswacepat merasa jenuhdan cenderungkurang tertarik terhadap pembelajaran keterampilan membaca. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan menangkap makna tertulis teks eksplanasi tersebut, peneliti memberikan solusi dengan pembelajaran menggunakan teks eksplanasi sosiokultural bermuatan pendidikan moral, pendekatan scientific, dan metode membaca SQ4R. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses pembelajaran keterampilan menangkap makna tertulis teks eksplanasi sosiokultural bermuatan pendidikan moral dengan pendekatan scientific metode SQ4Rpada peserta didik kelas VII E SMP Negeri 5 Semarang; (2) bagaimana perubahan sikap menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi tulis peserta didik kelas VII E SMP Negeri 5 Semarang dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menangkap makna tertulis teks eksplanasi sosiokultural bermuatan pendidikan moral dengan pendekatan scientific metode SQ4R; (3) bagaimana perubahan sikap percaya diri, peduli, dan santun peserta didik kelas VII E SMP Negeri 5 Semarang dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menangkap makna tertulis teks eksplanasi sosiokultural bermuatan pendidikan moral dengan pendekatan scientific metode SQ4R, (4) bagaimana peningkatan keterampilan menangkap makna tertulis teks eksplanasi sosiokulturalbermuatan pendidikan moral dengan pendekatan scientific metode SQ4R pada peserta didik kelas VII E SMP Negeri 5 Semarang. Subjek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menangkap makna tertulis teks eksplanasi sosiokultural bermuatan pendidikan moral dengan pendekatan scientific metode SQ4R pada peserta didikkelas VII E SMP Negeri 5 Semarang. Variabel yang diungkap dalam penelitian ini adalah keterampilan keterampilan menangkap makna tertulis teks eksplanasi sosiokultural bermuatan pendidikan moral dan pendekatan scientific dengan metode membaca SQ4R dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman jurnal, dan pedoman dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa keterampilan menangkap makna tertulis teks eksplanasi sosiokultural bermuatan pendidikan moral dengan pendekatan scientific metode SQ4R terbukti mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil observasi proses, pada siklus I masih banyak peserta didik yang belum antusias mengikuti pembelajaran sehingga pembelajaran belum berjalan kondusif dan hasil yang dicapai kurang optimal. Setelah guru memberikan motivasi pada siklus II, peserta didik lebih antusias mengikuti pembelajaran sehingga pembelajaran lebih kondusif dan lebih optimal dibandingkan dengan siklus II. Peningkatan keterampilan menangkap makna tertulis teks eksplanasi sosiokultural bermuatan pendidikan moral dengan menerapkan metode SQ4R dapat diketahui dari hasil tes dan hasil portofolio. Hasil rata-rata tes keterampilan pada prasiklus sebesar 65,99 atau 6,25% dan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata tes sebesar 79,67 atau 50%. Hasil rata-rata nilai portofolio siklus I sebesar 81,41 atau 68,75%. Pada siklus II diperoleh nilai ratarata sebesar 88,92 atau 100% dan nilai portofolio sebesar 89,97 atau 100%. Atas dasar hal tersebut dapat diketahui peningkatan keterampilan menangkap makna teks tertulis berdasarkan hasil tes dari prasiklus ke siklus II sebesar 25,79%, sedangkan hasil portofolio dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 9,50%. Berdasarkan dari hasil nontes, diketahui terjadi perubahan perilaku religius dan sosial peserta didik ke arah yang lebih positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode SQ4R mampu meningkatkan keterampilan peserta didik menangkap makna tertulis teks eksplanasi sosiokultural bermuatan pendidikan moral. Peserta didik juga termotivasi dan menunjukkan perkembangan positif dalam pembelajaran. Dengan demikian, peneliti merekomendasikan pada guru bahasa Indonesia untuk mempertimbangkan penggunaan metode SQ4R dan teks eksplanasi sosiokultural yang bervariasi dalam pembelajaran menangkap makna tertulis teks eksplanasi agar pembelajaran yang dilakukan menjadi lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menangkap makna tertulis, teks eksplanasi sosiokultural, scientific, metode SQ4R.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 23:29
Last Modified: 11 Nov 2015 23:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21283

Actions (login required)

View Item View Item