HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH (IMT) DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DENGAN KESEIMBANGAN TUBUH PADA SISWA SEKOLAH SEPAK BOLA LOWO IJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2014


Freni Budiwibowo, 6211409033 (2015) HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH (IMT) DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DENGAN KESEIMBANGAN TUBUH PADA SISWA SEKOLAH SEPAK BOLA LOWO IJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6211409033-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (814kB) | Preview

Abstract

Keseimbangan merupakan salah satu aspek kondisi fisik yang diperlukan dalam cabang olahraga Sepak bola yang penting fungsinya untuk menstabilkan gerakan-gerakan berganda atau simultan, mempermudah penguasaan teknik tinggi, mempermudah orientasi terhadap lawan dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan IMT dan kekuatan otot tungkai dengan keseimbangan. Jenis penelitian ini penelitian korelasi. Metode penelitian menggunakan survei tes. Populasi penelitian adalah pemain SSB Lowo Ijo Kab Grobogan tingkat SMP/SMA yang berjumlah 23 orang dengan teknik total sampling. Variabel penelitian meliputi variabel bebas yaitu IMT dan kekuatan otot tungkai, serta variabel terikat yaitu keseimbangan. Instrumen tes, pengukuran berat badan dan tinggi badan, tes back and leg dynamometer, dan uji modifikasi bass tes. Analisis data menggunakan penghitungan statistik uji analisis data korelasi dan analisis data regresi. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yakni 1) uji normalitas menggunakan kolmogorov-smirnov tes, 2) uji linieritas garis regresi dengan melihat nilai F, 3) uji asumsi klasik terdiri dari uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas. Hasil perhitungan korelasi diperoleh r = 0.882 dan p = (0,00<0,05). Berarti ada hubungan yang signifikan IMT dengan Keseimbangan. 2) r = 0.909 dan p = (0.00<0,05) berarti ada hubungan yang signifikan kekuatan otot tungkai dengan keseimbangan. 3) (R0) = 0,842 dan p = 0,00<0,05. berarti ada hubungan yang signifikan secara bersama-sama IMT dan kekuatan otot tungkai dengan keseimbangan. Simpulan, ada hubungan yang signifikan secara bersama-sama IMT dan kekuatan otot tungkai dengan keseimbangan. disarankan sebaiknya pihak pengelola SSB lebih memperhatikan IMT, meningkatkan kondisi fisik mengarah pada latihan kekuatan otot tungkai dan latihan keseimbangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IMT, Kekuatan Otot Tungkai, Keseimbangan
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 23:10
Last Modified: 11 Nov 2015 23:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21281

Actions (login required)

View Item View Item