IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET

Aditya Yusuf Kurniawan , 4101410081 (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2613Kb)

    Abstract

    Berdasarkan wawancara dengan guru mata pelajaran matematika SMA Negeri 3 Pemalang diperoleh hasil bahwarata-rata ulangan siswa kelas X SMA Negeri 3 Pemalang dalam materi Barisan dan Deret tahun pelajaran 2013/2014 adalah 64,7 dan 60% siswa dinyatakan sudah tuntas belajar. Salah satu kemampuan yang dikembangkan dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan pemecahan masalah. Karena itu diperlukan model pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk mengeksplorasi sendiri setiap masalah yang berkaitan dengan masalah matematika. Model pembelajaran yang memenuhi kriteria tersebut adalah Project Based Learning denganScientific Approach. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah pada siswa Kelas X yang diajar menggunakan model Project Based Learning dengan Scientific Approach pada materi Barisan dan Deret dapat mencapai kriteria ketuntasan belajar dengan Penilaian Acuan Kriteria (PAK), dan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah pada siswa Kelas X yang diajar menggunakan model Project Based Learningdengan Scientific Approach lebih baik dari siswa yang diajar dengan menerapkan pembelajaran Ekspositori. Populasi dalam penelitianiniadalah seluruh siswakelas XSMA Negeri 3 Pemalang.Dengan teknik cluster random sampling dandiproreleh 34 siswa di kelas X IIS2 sebagai kelas eksperimendan 36 siswa di kelas X IIS3 sebagai kelas kontrol.Variabelbebasdalampenelitianiniadalah model pembelajaran,variabelterikatyaitukemampuanpemecahan masalah siswa, dan variabel kontrol yaitu soal kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil penelitian menunjukkansebanyak 32 dari 34 siswa (94%) tuntas dari PAK yang ditentukan dengan rata-rata nilai 74,9, dan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen (74,9) lebih baik daripada rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa kelas kontrol (70,43). Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh materi barisan dan deret aritmetika dengan model pembelajaran PjBL dengan Scientific Approach dapat mencapai kriteria ketuntasan belajar dengan PAK. Rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh materi barisan dan deret aritmetika dengan model pembelajaran PjBL dengan Scientific Approach lebih baik daripada nilai kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh materi dengan model pembelajaran ekspositori.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keefektifan,Project Based Learning, Scientific Approach, Kemampuan Pemecahan Masalah.
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 18:09
    Last Modified: 11 Nov 2015 18:09

    Actions (login required)

    View Item