SURVEI CEDERA DALAM PERMAINAN FUTSAL PADA JENIS LAPANGAN RUMPUT SINTETIS, SEMEN DAN PARQUETTE (LANTAI KAYU) DI KOTA SEMARANG


Muhammad Misbah Chussurur, 6211409073 (2015) SURVEI CEDERA DALAM PERMAINAN FUTSAL PADA JENIS LAPANGAN RUMPUT SINTETIS, SEMEN DAN PARQUETTE (LANTAI KAYU) DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6211409073-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan olahraga futsal di Kota Semarang sangat meluas, dari sekedar bermain atau fun futsal sampai kompetisi antar tim. Persewaan lapangan muncul dengan berbagai jenis, diantaranya lapangan futsal semen, rumput sintetis dan parquette, tanpa menghiraukan keamanan. Tujuan untuk mengetahui tingkat cedera tertinggi dari ketiga jenis lapangan futsal. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian cedera yang dialami pemain futsal. Populasi seluruh pemain futsal di Kota Semarang dan sampel 30 pemain masing-masing lapangan. Pengambilan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisa data menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian lapangan futsal dengan tingkat cedera tertinggi yaitu lapangan parquette 25 cedera atau 36%. Dari ketiga jenis lapangan cedera paling banyak terjadi pada ekstermitas bawah atau anggota gerak bagian bawah hkususnya pada pergelangan kaki 21 cedera. Bentuk cedera paling banyak yaitu sprain 30 pemain. Simpulan lapangan futsal dengan tingkat cedera tertinggi lapangan parquette. Bagian tubuh pemain paling banyak mengalami cedera ekstermitas bawah atau anggota gerak bagian bawah dan lokasinya terjadi pada pergelangan kaki. Bentuk cedera paling banyak yaiu sprain pada pergelangan kaki. Saran bagi pemain untuk melakukan pemanasan yang cukup pada ekstermitas bawah dan peregangan pada persendian, pihak yang menyewakan harus merawat lapangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cedera Olahraga, Lapangan Futsal
Subjects: O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 23:05
Last Modified: 11 Nov 2015 23:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21276

Actions (login required)

View Item View Item