PENINGKATAN KEMAMPUAN MENJELASKAN PETUNJUK SUATU ALAT MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA TELEPON PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VII SMPLB-C WIDYA BHAKTI SEMARANG


Lucyana Eka Sari, 2101410100 (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENJELASKAN PETUNJUK SUATU ALAT MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA TELEPON PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VII SMPLB-C WIDYA BHAKTI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101410100-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan menjelaskan petunjuk siswa kelas VII SMPLB-C Widya Bhakti Semarang tergolong masih rendah. Berdasarkan hasil observasi, banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Hal tersebut disebabkan penggunaan metode dan media pembelajaran kurang menarik dan membosankan. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsi proses pembelajaran kemampuan menjelaskan petunjuk suatu alat melalui metode demonstrasi dengan media telepon pada siswa tunagrahita ringan kelas VII SMPLB-C Widya Bhakti Semarang; (2) mendeskripsi peningkatan kemampuan menjelaskan petunjuk suatu alat melalui metode demonstrasi dengan media telepon pada siswa tunagrahita ringan kelas VII SMPLB-C Widya Bhakti Semarang; (3) mendeskripsi perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran kemampuan menjelaskan petunjuk suatu alat melalui metode demonstrasi dengan media telepon pada siswa tunagrahita ringan kelas VII SMPLB-C Widya Bhakti Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menjelaskan petunjuk melalui metode demonstrasi dengan media telepon siswa kelas VII SMPLB-C Widya Bhakti Semarang. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas VII dengan jumlah 7 siswa, terdiri atas 3 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menjelaskan petunjuk suatu alat serta metode demonstrasi dengan media telepon. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dari data tes dan nontes. Intrumen tes berupa tes kemampuan menjelaskan petunjuk. Sementara itu, instrumen nontes berupa observasi, wawancara, jurnal guru dan jurnal siswa, serta dokumentasi foto dan video. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Berdasarkan analisis data penelitian yang berupa urutan yang baik, ketepatan ucapan, pilihan kata (diksi), kenyaringan suara, serta kelancaran. Nilai rata-rata hasil tes kemampuan menjelaskan petunjuk siswa pada siklus I sebesar 73,3, setelah dilakukan tindakan pada siklus II, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 13,4 sehingga pada siklus II mencapai 86,7. Peningkatan kemampuan menjelaskan petunjuk siswa diikuti pula dengan perubahan perilakusiswa ke arah yang positif. Perubahan perilaku siswa meliputi keaktifan, keantusiasan, serta keberanian dan kepercayaan diri siswa selama mengikuti pembelajaran menjelaskan petunjuk. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menjelaskan petunjuk dengan menggunakan metode demonstrasi dan media telepon telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kemampuan menjelaskan petunjuk siswa kelas VII SMPLB-C Widya Bhakti Semarang dan mengubah perilaku siswa ke arah yang lebih positif. Mengacu pada simpulan tersebut, peneliti menyarankan agar guru bahasa dan sastra Indonesia menerapkan metode demonstrasi dan media telepon dalam pembelajaran menjelaskan petunjuk karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menjelaskan petunjuk. Para peneliti bidang bahasa dan sastra Indonesia disarankan agar melakukan penelitian lanjutan mengenai kemampuan menjelaskan petunjuk.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menjelaskan petunjuk, metode demonstrasi, media telepon, dan tunagrahita ringan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 23:08
Last Modified: 11 Nov 2015 23:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21273

Actions (login required)

View Item View Item